BPKP Riau Dorong Pemkab Bengkalis Tingkatkan Maturitas SPIP Terintegrasi ke Level 3

Pekanbaru (01/8/2022) - Perwakilan BPKP Provinsi Riau mendorong Optimisme Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan level maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi ke level 3. Upaya peningkatan level maturitas SPIP itu terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Salah satunya dengan melakukan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi oleh Inspektorat Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.

Inspektur Daerah Kabupaten Bengkalis H Radius Akima, S.Sos,MT menyampaikan ucapan terimaksih kepada BPKP dalam memfasilitasi kegiatan penilaian mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis. “SPIP Terintregrasi ini merupakan komitmen Bupati Bengkalis untuk mencapai maturitas SPIP level 3,” ujar Inspektur Bengkalis dalam sambutannya pada acara Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

Inspektur Daerah Kabupaten Bengkalis berharap kepada 21 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis yang telah ditunjuk dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik. “Kami optimis dengan semangat para pejuang SPIP Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis ini, maturitas SPIP Terintegrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis bisa masuk ke level 3,” ujarnya.  

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir menyampaikan bahwa SPIP Terintegrasi telah menjadi suatu keharusan bagi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Tata Kelola Pemerintah yang baik. “Dengan meningkatnya Level Maturitas SPIP maka akan semakin baik pula Tata Kelola Pemerintahanya. Dengan demikian, apa yang menjadi harapan besar Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis dapat terwujud,” ujar Perwakilan BPKP Provinsi Riau itu.

Kegiatan penilaian mandiri maturitas SPIP Terintegrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis ini diselenggarakan di Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Riau dari tanggal 1 Agustus 2022 sampai dengan  tanggal 5 Agustus 2022 oleh Inspektorat Kabupaten Bengkalis dan 21 OPD Kabupaten Bengkalis bersama tim fasilitator SPIP Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Perwakilan BPKP Provinsi Riau.

(Kominfo BPKP Riau)