BPKP Riau Bina Pemda Dalam Meningkatkan Kualitas Pengendalian Intern

Pekanbaru (15/11/2021) – Perwakilan BPKP Provinsi Riau menggelar Sosialisasi SPIP Terintegrasi dan Pedoman Penilaian Baseline SPIP Tahun 2021. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan yang dilakukan oleh BPKP kepada Pemerintah Daerah, khususnya dalam peningkatan kualitas pengendalian intern di Provinsi Riau. 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Fauqi Achmad Kharir menyampaikan penguatan pengendalian intern melalui penyelenggaraan SPIP Terintegrasi di lingkungan pemerintah secara menyeluruh ditujukan untuk mendukung peningkatan kinerja, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

“Dengan penerapan SPIP terintegrasi diharapkan dapat memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, laporan keuangan yang andal, pengamanan aset daerah, serta ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan” ujar Fauqi.

Ia juga menjelaskan bahwa penilaian maturitas SPIP terintegrasi dilakukan dalam 3 tahap, pertama penilaian mandiri oleh Pemerintah Daerah, kedua penjaminan kualitas atas penilaian mandiri oleh APIP daerah dan yang terakhir evaluasi oleh BPKP atas hasil penilaian mandiri yang telah dilakukan penjaminan kualitas.

Fauqi berharap hasil dari penilaian baseline SPIP terintegrasi ini menjadi data awal kondisi penyelenggaraan pengendalian intern pada pemerintah daerah yang selanjutnya menjadi panduan dalam menetapkan strategi yang tepat untuk melakukan pembinaan peningkatan kualitas pengendalian intern di tahun berikutnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Riau mulai tanggal 15 – 16 November 2021 yang dihadiri oleh Inspektur Provinsi Riau dan seluruh Kepala OPD se-Provinsi Riau.

(Kominfo BPKP Riau)