BPKP Riau Terima Kunjungan Inspektorat Daerah Kota Pekanbaru

Pekanbaru (10/8/2020) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Farid Firman di dampingi oleh Para Korwas menerima kunjungan dari Inspektorat Daerah Kota Pekanbaru. Adapun pihak Inspektorat yang hadir antara lain Inspektur, Irban I, Irban II, Irban III, Irban IV,  dan Sekretaris. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Kepala Perwakilan. 

Inspektur Kota Pekanbaru menyampaikan tujuan utama berkujung ke BPKP Riau adalah untuk berkoordinasi sekaligus bersilaturahmi. “karena antara Inspektorat dengan BPKP memiliki ibu yang sama, yaitu pengawas internal pemerintah” ujar Inspektur.

Selain itu, Inspektur menyampaikan ingin bekerja sama dengan BPKP untuk melakukan Program Pelatihan Mandiri (PPM) terkait dengan pengawasan. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada BPKP yang selama ini telah banyak membantu Inspektorat Kota Pekanbaru dalam pelaksanaan tugas.

Inspektur juga meminta bantuan BPKP untuk melakukan join audit terkait kewajaran harga, pengadaan barang dan jasa, dan penyaluran bansos di masa pandemi COVID-19 ini.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau, Farid Firman menyampaikan juga memiliki rencana menggandeng Inspektorat Daerah Kota Pekanbaru untuk bekerja sama dalam program kerja pengawasan. Selain itu, Farid Firman juga menyampaikan mengenai penyaluran bansos, ia berharap Inspektorat Kota Pekanbaru menggunakan Aplikasi Mata Bansos untuk mengawasi dan memonitoring penyaluran bansos kepada masyarakat terdampak COVID-19.

Lebih lanjut, mengenai UMKM, Farid Firman menyampaikan bahwa pendataan UMKM  di Provinsi Riau bisa melalui aplikasi Mata UMKM yang bisa diakses di https://mataumkm.riau.go.id. Aplikasi Mata UMKM ini dirancang oleh BPKP, Disperindagkopukm dan Diskominfotik Provinsi Riau. 

Farid Firman juga menyampaikan bahwa BPKP bersedia untuk melaksanakan PPM dan join audit dengan Inspektorat Kota Pekanbaru dalam hal pengawasan khususnya dalam penanganan COVID-19 saat ini. 

(Kominfo BPKP Riau)