Komitmen Pemkab Tanah Datar Wujudkan Good Governance

PADANG - Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menyelenggarakan Bimbingan Teknis Manajemen Risiko dan Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi dan Penandatanganan Komitmen Bersama Peningkatakan Kualitas SPIP menuju Level 3 di Lingkungan Kabupaten Tanah Datar (10/10).

Bertempat di Aula Kantor Bupati Pagaruyung, Bimtek ini dibuka langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra. Bupati mengatakan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik harus dimulai dengan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional. “Dengan demikian, diharapkan peserta bimtek agar merubah paragdigma dalam pengelolaan keuangan dan aset serta mengimplementasikannya dalam menjalankan tugas,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BPKP Sumbar Dessy Adin dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Penyelenggaraan SPIP diharapkan dapat memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan organisasi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, setiap peserta bisa mengimplementasikan di masing-masing OPD-nya, dapat secara maksimal melaksanakan kegiatan Pengendalian Intern Pemerintahan yang menjadi tanggungjawabnya, sehingga dapat menjadi konstribusi positif bagi penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar yang baik, bersih dan berwibawa menuju terwujudnya pemerintah Kabupaten Tanah Dataryang Good Governance dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat Kabupaten Tanah Datar.

Selanjutnya dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Peningkatakan Kualitas SPIP menuju Level 3 antara BPKP Sumbar dan Pemkab Tanah Datar sebagai komitmen yang kuat dari seluruh OPD di Lingkungan Pemkab Tanah Datar. Rangkaian acara bimtek berlangsung pada 10-12 Oktober 2022.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar