Bersama Sukseskan Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumatera Barat

PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyelenggarakan Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumatera Barat di Auditorium Gubernuran. Pencanangan GNPIP Sumatera Barat merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah Sumatera Barat, Forkopimda, beserta seluruh stakeholders terkait dalam menjaga kestabilan inflasi komoditas pangan dan menjaga daya beli masyarakat. Kepala Perwakilan BPKP Sumbar Dessy Adin, menghadiri langsung Pencanangan GNPIP Sumatera Barat tersebut, Senin (19/9).

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah dalam sambutannya, menyampaikan bahwasinergi pengendalian inflasi melalui GNPIP ini dapat menjadi komitmen bersama yang dilaksanakan oleh Kabupaten/Kota dan tentunya tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat. GNPIP Sumatera Barat diselenggarakan sekaligus bersinergi dengan peringatan hari lahir dan perayaan Ulang Tahun Provinsi Sumatera yang ke-77 dengan tema “Bangkit Lebih Kuat Menuju Sumatera Barat yang Madani, Unggul dan Berkelanjutan”.

Adapun upaya pengendalian inflasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meliputi, Pencanangan Gerakan Menanam Cabai di pekarangan serta Pembukaan Pasar Murahserentak di Kabupaten/Kota; Penandatangan komitmen dukungan GNPIP; Pemberian bibit cabai merah kepada Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani; Pencanangan menggunakan dan memproduksipupuk organik; Penandatanganpembukaan klaster baru untuk cabai merah; Pendampingan smart/digital farming;dan Pemberian bantuan alsintan dan saprodi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Barat Wahyu Purnama A, berharap melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan ini dapat memitigasi kenaikan harga pangan sehingga terjaga stabil,  memperkuat ketahanan pangan, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendukung terwujudnya Sumatera Barat Madani, Unggul dan Berkelanjutan.

Di Akhir acara, telahdilaksanakan Pencanangan Gerakan Menanam Cabai di pekarangan, dimulai menanam cabe di halaman rumah dinas Gubernur. Mahyeldi Ansharullahmengajak seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menanam cabaidan komoditas hortikultura lainnya seperti bawang dan sayuran di pekarangan untuk memperkuat ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar