BPKP Sumbar Siap Bantu Implementasi Kapabilitas Internal Audit PT Semen Padang

PADANG – Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat telah melakukan entry meeting dengan PT Semen Padang dalam rangka Reviu Fungsi Internal Audit PT Semen Padang dan Penilaian Indonesian Corporate Accountability Index (ICORPAX) tahun 2022 di ruang rapat kantor pusat PT Semen Padang, Selasa (2/8).

Kepala Perwakilan BPKP Sumbar Dessy Adin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Internal Audit diharapkan sudah mulai melakukan penilaian secara mandiri terhadap Kapabilitas Internal Audit yang pelaksanaannya merujuk pada Internal Audit Capability Model (IACM). Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat siap membantu pelaksanaan/implementasi Kapabilitas Internal Audit di PT Semen Padang. “Kami mengharap bantuan dan kerjasamanya dari Direksi dan jajarannya sehingga akses data bisa diperoleh dengan lancar, semoga kerjasama ini dapat menghadirkan manfaat dan memberikan sumbangsih bagi manajemen PT Seman Padang” ungkap Dessy Adin.

Reviu Fungsi Internal Audit PT Semen Padang dilakukan untuk mereviu kepatuhan fungsi Satuan Pengawas Internal (SPI) terhadap Standar Profesi Audit Internal dan Kode Etik Audit Internal, serta memperoleh persepsi stakeholder SPI terhadap efektivitas fungsi SPI PT Semen Padang. Sedangkan Penilaian (ICORPAX) dilakukan guna mengukur akuntabilitas dan transparansi korporasi, serta peran dan/atau kontribusi korporasi secara agregat dalam pembangunan nasional, dimana penugasan ini berfokus pada 5 dimensi: Akuntabilitas Korporasi pada Pembangunan; Akuntabilitas Korporasi pada Keuangan Negara; Kepatuhan dan Efektivitas Operasional; Efektivitas Sistem Tata Kelola Korporasi; dan Efektivitas Pengendalian Fraud.

Entry Meeting ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar, Direktur Keuangan dan Umum Oktoweri, Kepala Departemen Internal Audit Mareza Harlan, beserta jajaran. Sedangkan Kepala Perwakilan BPKP Sumbar Dessy Adin didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara Heru Setiawan, Pengendali Teknis dan Tim.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar