Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Komitmen Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan SPIP

PADANG – Bertempat di Anai Land, telah dilaksanakan WorkshopManajemen Risiko dan Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi bagi Kepala OPD, Sekretaris dan pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Menuju Level 3 Antara BPKP Sumbar dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (26/7).

Acara dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Sumbar Dessy Adin beserta jajaran, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, dan Kepala OPD di Lingkungan Kabupaten Padang Pariaman. Kepala Perwakilan BPKP Sumbar dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui Penyelenggaraan SPIP diharapkan dapat memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan organisasi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

SPIP perlu terus menerus dikembangkan  melalui Penilaian Maturitas SPIP Terintegrasi dan perbaikan berdasarkan area of improvement yang dihasilkan (continuous improvement) dengan dukungan seluruh pihak mulai dari pimpinan hingga pegawai di lingkungan pemerintah Kabupaten Padang Pariamanagar pencapaian tujuan organisasi menjadi optimal dengan didukung kinerja yang akuntabel sebagai perwujudan reformasi birokrasi.

Sejalan dengan itu, Bupati Padang Pariaman menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPKP Sumbar telah intensif mendampingi Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dalam proses penilaian maturitas SPIP Terintegrasi. Bupati juga mendorong Kepala OPD untuk mengikuti bimtek dengan serius dan langsung menerapkan SPIP di OPD masing-masing. “Melalui workshop ini diharapkan terwujudnya SPIP Terintegrasi di Lingkukan Pemerintah Daerah Padang Pariaman, dan OPD dapat memperoleh pemahaman yang maksimal agar terwujudnya Padang Pariaman BERJAYA” ungkap Suhatri Bur. Acara dilanjutkan dengan paparan dari Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) Ali Ihsan, terkait Overview Manajemen Risiko dan SPIP Terintegrasi dan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (I-EPK).

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar