Komitmen Bersama Tingkatkan Maturitas SPIP Level 3 Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat

PADANG - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat berkomitmen untuk meningkatkan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)Terintegrasi Level 3 tahun 2022. Hal tersebut diwujudkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Menuju Level 3 antara Perwakilan BPKP Sumbar dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Senin (28/3).

Komitmen bersama tersebut ditandatangani oleh seluruh Pimpinan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, disaksikan oleh Bupati Pasaman BaratHamsuardi dan Kepala Perwakilan BPKP SumbarDessy Adin. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar semangat integritas seluruh Perangkat Daerah tetap terjaga, terutama pada level top manajemen, sebagaimana yang disampaikan Bupati Hamsuardi dalam sambutannya. Kepala Perwakilan BPKP Sumbar menyampaikan kesadaran dan komitmen unit kerja terhadap pentingnya tata kelola menjadi faktor penting dalam mencapai tujuan yg telah ditetapkan. Diperlukan kolaborasi agar anggaran tepat sasaran dan tujuan kepala daerah dapat tercapai.

Beberapa poin yang diuraikan dalam Piagam Komitmen Bersama tersebut antara lain:Meningkatkan kapabilitas aparat pengawasan intern pemerintah, Mengimplementasikan penyelenggaraan SPIP Terintegrasi pada seluruh perangkat daerah sebagai upaya mewujudkan Clean Governance dan Clean Government, Meningkatkan kualitas perencanaan pemerintah daerah, Meningkatkan manajemen risiko indeks melalui pengelolaan risiko strategis dan risiko operasional pada pemerintah daerah dan perangkatnya, Meningkatkan indeks efektivitas pengendalian korupsi, Meningkatkan kapabilitas aparat pengawasan intern pemerintah.

Menindaklanjuti komitmen bersama tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis SPIP Terintegrasi dan Pengelolaan Risiko bagi seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Pasaman Barat serta Peningkatan Kapabilitas APIP bagi Inspektorat Kabupaten Pasaman Barat. Rangkaian kegiatan rencana akan digelar selama 4 (empat) hari mulai dari Senin (28/3) hingga Kamis mendatang (31/3) di Kota Padang.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar