Sinergi KPK dan BPKP Sumbar Cegah Korupsi

PADANG - Dalam rangka optimalisasi pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) berupaya meningkatkan kerja sama dengan melaksanakan audiensi dengan jajaran Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Jumat (19/11).

Bertempat di ruang rapat, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat, Dessy Adin, dengan didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Hendra Cipta, Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi, Riandi Putra, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah, Ali Ihsan, Korwas Bidang Akuntan Negara, Sudiro, Koordinator Pengawasan Bidang Instansi Pemerintah Pusat, Taufik Maulana Hamzah Putra, serta pejabat struktural, menerima audiensi dari Tim KPK, diantaranya Kepala Satgas II Wilayah 1 Koordinator dan Supervisi KPK, Arief Nurcahyo, PIC Wilayah Aceh Koordinasi dan Supervisi KPK, Agus Priyanto, PIC Wilayah Sumatera Barat Koordinasi dan Supervisi KPK, Iwan Lesmana, beserta jajaran.

Kepala Satgas II Wilayah 1 Koordinator dan Supervisi KPK, Arief Nurchayo, menyampaikan bahwa untuk menutup celah korupsi tentunya membutuhkan dukungan dan sinergitas pemangku kepentingan dan penegak hukum, salah satunya BPKP Sumbar. KPK membutuhkan dukungan dari BPKP Sumbar untuk mewujudkan pencegahan korupsi di Wilayah Provinsi Sumatera Barat. Kehadiran BPKP di daerah diharapakan dapat mewujudkan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di Lingkungan Pemenrintah Daerah.

“BPKP Sumbar akan konsisten dan terus mendukung peran KPK dalam upaya pencegahan korupsi,” ungkap Kepala Perwakilan BPKP Sumbar Dessy Adin. Pencegahan korupsi melalui peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di lingkungan Pemerintah Daerah antara lain Pemerintah Daerah telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA), serta Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) yang dikembangkan oleh BPKP.BPKP Sumbar mendukung KPK sepenuhnya untuk memberantas korupsi di Sumatera Barat.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar