BPKP Sumut Dorong Pejabat Pemkab Langkat Jalankan Budaya Anti Korupsi

Hal tersebut disampaikan Mulyana pada saat Sosialisasi Program Anti Korupsi (Sospak) Focus Group Pengelola Barang dan Jasa bagi pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, Rabu (3/8). Sospak yang bertempat di kantor Bupati Langkat di Stabat diikuti oleh para kepala SKPD, Pejabat Pembuat Komitmen PPK), Panitia/Pejabat pengadaan barang/jasa dan Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Sospak dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat, Indra Salahuddin dengan narasumber Kepala Bidang Investigasi Batara Lumbantobing dan Binez Simanjuntak, PFA Bidang Investigasi Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara.

Mulyana dalam sambutan menyampaikan bahwa dengan Sospak diharapkan akan membawa manfaat kepada para pejabat pengadaan barang dan jasa, yaitu melalui tahapan mengetahui, memahami, menerapkan, sehingga akan bergeser menjadi perilaku anti korupsi, dengan demikian akan menjadi budaya anti korupsi.

“Kepada pejabat dan pengelola pelaksanaan pengadaan barang dan jasa supaya betul-betul memiliki perilaku anti korupsi sekaligus bisa menjalankan budaya anti korupsi” ujar Mulyana.

Sementara itu, Bupati Langkat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat, Indra Salahuddin menegaskan agar jajarannya punya komitmen dan prinsip untuk menghindari penyimpangan dan juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Jajaran pemerintah Kabupaten Langkat harus punya komitmen yang kuat dan prinsip yang teguh untuk menghindari segala bentuk penyimpangan dalam pengelolaan anggaran, meningkatkan kualitas pelayanan publik, perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban anggaran harus tepat waktu untuk keberhasilan pembangunan dan kesejaheraan masyarakat” ungkap Sekda.

Pada kesempatan itu Bupati Langkat juga menyampaikan apresiasinya kepada Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara atas terselenggaranya sospak. “Pada prinsipnya saya menyambut baik dan sekaligus mengapresiasi terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini, karena pada momentum dan kesempatan ini diharapkan segenap jajaran pemerintah Kabupaten Langkat dapat lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya, menyamakan persepsi dan penyatuan langkah dalam mendukung program anti korupsi di Kabupaten Langkat” ujar Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda, Indra Salahuddin.