BPKP Ikuti Rakor Pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022

Banda Aceh - Perwakilan BPKP Aceh yang diwakili oleh   Kepala Bagian Umum Hanhan Hudaya menghadiri undangan Sekretaris Daerah Aceh dalam rangka Rapat Koordinasi Pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 pada Rabu, 21 September 2022.

Bertempat di Hermes Palace Hotel, acara dimulai dengan penyampaian laporan penyelenggaraan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS)  Provinsi Aceh Ahmadriswan Nasution, dalam sambutannya ia menyebutkan, Regsosek bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial. Oleh karenanya, BPS Provinsi Aceh mengerahkan sebanyak 7.729 orang sebagai petugas Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022.

Rangkaian kegiatan Regsosek ini kata Riswan dimulai dari rekrutmen petugas, sosialisasi, dan rakor bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baik di tingkat nasional, provinsi maupun tingkat kabupaten/kota. Kegiatan pendataan lapangan secara serentak akan dilakukan pada tanggal 15 Oktober sampai dengan 14 November 2022 dengan cakupan 100 persen penduduk.

Adapun data dari hasil Rengsosek ini, tutur Riswan, dalam jangka pendek-menengah kiranya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah, seperti pendidikan, bantuan sosial, kesehatan, dan administrasi kependudukan. Sedangkan, dalam jangka panjang bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk menyusun dan menjalankan kebijakan atau program secara tepat sasaran.

Dia berharap jangan sampai pendataan ini dipersepsikan untuk memberi bantuan sosial. Makanya, diperlukan sosialisasi agar punya narasi yang sama dalam mewujudkan Indonesia satu data.

 

(Kominfo BPKP Aceh)