Inspektorat Kab. Abdya Minta Pendampingan BPKP terkait Kapabilitas APIP & Maturitas SPIP

Banda Aceh - Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya didampingi Korwas Bidang P3A Fauzi menerima kunjungan Inspektur Aceh Barat Daya Salman, S.H. Kehadirannya ke BPKP Aceh untuk berkonsultasi tentang peningkatan Kapabilitas APIP Inspektorat dan Maturitas SPIP Kabupaten Aceh Barat Daya. Rabu, 8 Juni 2022.

Kehadirannya ke BPKP Aceh untuk berkonsultasi tentang peningkatan Kapabilitas APIP Inspektorat dan Maturitas SPIP Kabupaten Aceh Barat Daya.

Kabupaten Aceh Barat Daya yang saat ini masih berada di Level 2, bersemangat untuk meningkatkan Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP ke Level 3. Oleh karenanya, Beliau meminta BPKP memberikan pendampingan untuk dapat mencapainya.

Salman menerangkan terkait peningkatan Level Kapabilitas APIP dari level 2 untuk naik menjadi level 3 antara lain telah mengirim pengawai Inspektorat untuk mengikuti Diklat Peningkatan Kapabilitas APIP ke Pusdiklatwas BPKP di Bogor, dan telah mengisi Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP di Aplikasi Kapabilitas APIP.

Lanjutnya, mengenai Maturitas SPIP dari level 2 untuk naik menjadi level 3 Pemkab Aceh Barat Daya telah mengirim pegawai Inspektorat dan Bappeda untuk mengikuti workshop yang telah diselengarakan oleh Perwakilan BPKP.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan berharap apabila Pemkab Aceh Barat Daya memperoleh Level 3 Kapabilitas APIP dan SPIP, dapat mewujudkan Good Governance dan dapat meningkatkan nilai Monitoring Centre for Prevention (MCP).

Selain membahas peningkatan Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP Inspektorat Aceh Barat Daya, juga dilakukan koordinasi mengenai P3DN, Siskeudes dan Siswakeudes.

 

(Kominfo BPKP Aceh)