Komitmen BPKP Aceh Dampingi Tatakelola Aset USK

Banda Aceh - Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU beserta Wakil Rektor,  Dekan Fakuktas Kedokteran dan Kepala SPI mengadakan audiensi dengan Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya yang didampingi Korwas IPP Muaz Fauzi dan tim pada hari Senin, 25 April 2022 bertempat di ruang Kerja Kepala Perwakilan BPKP Aceh.

Substansi bahasan dalam pertemuan tersebut terkait issue - issue penting yang berhubungan dengan tupoksi kedua lembaga tersebut dengan stakeholders dalam upaya perbaikan tatakelola pemerintah dan korporasi dalam rangka perbaikan ekonomi Aceh untuk pengentasan kemiskinan dan pembukaan lapangan kerja bagi pencari kerja masyarakat Aceh.

Mengawali perbincangan, Rektor berharap pendampingan BPKP untuk mewujudkan universitas yang berbadan hukum terutama yang berkaitan dengan tata kelola, risk and control dari sudut praktisi.

Selanjutnya topik tatakelola aset Universitas Syiah Kuala juga menjadi bahasan yang memerlukan pendampingan BPKP agar sesuai dengan best practice dan ketentuan agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

Kepala Perwakilan menyambut baik dan hangat kunjungan Rektor USK dan tim dan selanjutnya berkomitmen membantu USK dalam hal GRC dan tatakelola aset dengan pola sinergis dan kolaboratif.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut kepala Perwakilan BPKP Aceh juga menginformasikan progres mediasi antara RSUDZA dengan USK terkait hutang piutang dan partisipasi pembiayaan senilai Rp25 miliar lebih atas kerjasama kedua lembaga tersebut dibidang pendidikan tenaga medis yang hasilnya menunjukan prospek positif menuju berakhirnya konflik antar kedua lembaga.

Atas progres yang dilaporkan Kaper BPKP Aceh tersebut, Rektor menyambut baik dan berkomitmen untuk mendukung penyelesaian dengan segera menyajikan data dan informasi yang dibutuhkan untuk analisis tim BPKP agar dapat terselesaiakannya proses mediasi tersebut dengan damai antara USK dengan RSUDZA.

 

(Kominfo BPKP Aceh)