BPKP Aceh Jadi Saksi Launching Siskeudes dan Siswaskeudes Online Kab. Simeulue

Simeulue – Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Aceh mengawal peluncuran Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) berbasis Online dan Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) Pemerintah Daerah Simeulue. Kamis (24/2)

Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya berkesempatan menghadiri Launching Siskeudes Online dan Siswaskeudes serta memberikan sambutan yang dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna Pemerintah Simeuleu.

Indra Khaira Jaya dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya membangun tata Kelola keuangan Pemerintah Desa melalui Implementasi Siskeudes dan Siswakeudes Online karena aplikasi tersebut dapat mengontrol data keuangan dan dapat meminimalisir kesalahan sehingga potensi penyimpangan pengelolaan keuangan desa dapat dihindari.

Sementara itu, Bupati Simeulue Erli Hasim menyebutkan, bahwa selama ini pengelolaan Keuangan di Desa dilakukan secara manual. Ia berharap dengan adanya aplikasi tersebut dapat membantu memudahkan dalam melaksanakan tugas negara yang telah diberikan kepada pemerintah Desa yang merupakan pengguna anggaran langsung.

Aplikasi Siskeudes memiliki manfaat diantaranya untuk membantu memudahkan perangkat desa dalam menginput data secara real time, meningkatnya efisiensi biaya perjalanan dinas, dan dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah yang menguasai penggunaan teknologi informasi, produktivitas dan akuntabilitas yang tinggi.

Sedangkan aplikasi Siswaskeudes bermanfaat untuk memudahkan dinas terkait seperti Inspektorat Kabupaten/Kota dalam melakukan pengawasan yang lebih terarah, efektif dan efisien terhadap pengelolaan keuangan desa dan dapat meminimalisir risiko - risiko agar jauh dari adanya penyimpangan-penyimpangan yang dapat terjadi.

 

(Kominfo BPKP Aceh)