Komitmen Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Pemkab Gayo Lues

Blangkejeren – Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya didampingi oleh Korwaspok JFA Bidang Instansi Pemerintah Pusat (IPP) Muaz Fauzi melakakukan kunjungan ke Blangkejeren, Gayo Lues pada 19 Januari 2022 untuk bertemu Pimpinan Daerah dalam rangka pengawalan akuntabilitas, penguatan APIP daerah serta observasi lapangan pembangunan Bendung Intake Tungel yang sedang direviu BPKP Aceh.

Kehadiran Kepala Perwakilan disambut oleh Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani bersama Sekda Gayo Lues,  Ir Rasyidin Porang, Kepala BPBD Gayo Lues ,Suhaidi SPd, MSi, Anggota DPRD Gayo Lues M.L Amin, dan Irban khusus Gayo Lues Zulfikar.

Pada pertemuan ini, Kepala Perwakilan menekankan pentingnya akuntabilitas, baik dalam pengelolaan keuangan maupun pelaksanaan pembangunan, yang harus didukung oleh semua pihak. Salah satu Komitmen BPKP terhadap akuntabilitas tersebut antara lain melalui dukungan pengembangan aplikasi Sistem informasi pengelolaan keuangan daerah (FMiS) sebagai aplikasi alternatif untuk mendukung  Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPD) Kemendagri. 

Permintaan  reviu kepada BPKP Aceh atas dana bantuan hibah rehabilitasi/rekonstruksi pembangunan Bendung Intake Tungel,  Kec. Rikit Gaib, Kab. Gayo Lues juga dapat dibaca sebagai respon Pemda atas komitmen akuntabilitas yang digaungkan oleh BPKP Aceh. “BPKP hari ini bukan lagi sebagai watchdog yang mencari cari kesalahan, namun BPKP yang hadir menyelesaikan masalah.” Ujar Indra Khaira Jaya.

Kepala Perwakilan juga memberikan apresiasi atas tindak lanjut temuan pemeriksaan yang sudah dilakukan Pemda Gayo Lues, meskipun belum seluruhnya dituntaskan. Ini tak lepas dari peran inspektorat selaku APIP di daerah. "Inspektorat harus lebih berperan dalam menjaga akuntabilitas, sehingga bisa menjadi kepanjangan tangan BPKP di daerah masing masing" pungkasnya.

Kunjungan BPKP Aceh dilanjutkan dengan menilik Bendung Tungel yang saat ini sedang di reviu oleh BPKP Aceh. Pada hari berikutnya, Kepala Perwakilan menyempatkan bertemu dengan Bupati Gayo Lues, H.Muhammad Amru M.S.P. Topik pembahasan pada pertemuan ini menyangkut komitmen BPKP mengawal akuntabilitas, disamping menjalin hubungan kerja yang lebih baik dengan Pemda Gayo Lues, sekaligus transfer of knowledge dengan APIP setempat.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)