Kaper BPKP Aceh Tandatangani Perjanjian Kerjasama dengan Unmuha

BANDA ACEH (19/11) – Bertempat di Aula Gedung Rektor, dilakukan koordinasi antara Perwakilan BPKP Aceh dan Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) dalam upaya peningkatan kerja sama, sinergi, dan kolaborasi peningakatan kualitas SDM kedua belah pihak melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MOA) antara BPKP Aceh dengan pihak Unmuha.

Kerja sama yang dimaksudkan dituangkan dalam Mou dan MoA yang dapat menjadi payung bersama dalam beberapa kegiatan assurance dan consulting yang dilaksanakan Perwakilan BPKP Aceh dan Unmuha. Penandatangan MoU dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPKP Aceh Indra Khaira Jaya dan Rektor Unmuha H. Aslam Nur.

Sedangkan untuk penandatanganan MoA dilakukan oleh Kepala Perwakilan BPKP Aceh bersama dengan 4 (empat) Dekan Unmuha diantaranya Dekan Fakultas Hukum,Ekonomi, Psikologi dan Agama Islam yang disaksikan oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Hanhan Hudaya serta Dekan Fakultas lain dari Unmuha.

Perjanjian kerja sama yang ditandatangani berisikan kerja sama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kedua belah pihak berkomitmen untuk melaksanakan peran penting dan strategis dalam waktu dekat di antaranya kegiatan sharing knowledge (mendekatkan pengetahuan praktis audit dan tata kelola pemerintah dengan aspek teorinya).

Selanjutnya, kerja sama untuk Kuliah Kerja Praktik (KKP) memdukung program Kampus Mardeka  berupa program magang mahasiswa yang berhubungan dengan manajemen, keuangan, operasional dan bidang terkait lainnya.

Perwakilan BPKP Aceh selalu bersedia memfasilitasi mahasiswa manapun termasuk Unmuha untuk melaksanakan praktik perkantoran di Perwakilan BPKP Aceh di mana mahasiswa dapat memahami proses bisnis, yaitu mengalirnya suatu data menjadi informasi yang diproduksi Perwakilan BPKP Aceh.

Berkaitan dengan pengabdian masyarakat, Perwakilan BPKP Aceh bersama Unmuha dapat memberdayakan aparat dan masyarakat desa dari aspek tata kelola keuangan desa dan BUMDes sejak perencanaan, penatausahaan hingga pertanggungjawabannya.

Terakhir, kerja sama yang disepakati dalam hal kuliah umum, seminar, loka karya dan event akademik lainnya. MoA tersebut diharapkan terus terealisasi dalam waktu yang terdekat agar value kedua lembaga ini Perwakilan BPKP Aceh dan Unmuha dapat segera termanfaatkan dan dirasakan oleh publik di wilayah Aceh yang membutuhkan pendampingan dari berbagai pihak, termasuk pihak birokrasi dan kalangan kampus.

 

(Kominfo Perwakilan BPKP Aceh)