BPKP Goes to Campus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

.

YOGYAKARTA (26/5/2023) - Di Conference Room Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, Perwakilan BPKP DIY menggelar acara BPKP Goes to Campus bertajuk Kolaborasi Mengawal Akuntabilitas untuk Pembangunan Berkelanjutan. Acara yang dikemas dalam format talkshow dan diikuti oleh lebih kurang 100 orang mahasiswa ini menghadirkan Narasumber Dosen Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Handini dan Auditor Perwakilan BPKP DIY Irene Prista Dewi.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Yogyakarta Mochamad Sodik dalam sambutannya menyampaikan bahwa kolaborasi kampus dengan BPKP sangat penting karena Indonesia harus terus maju di tengah berbagai kasus korupsi yang terus terjadi. Mochamad Sodik memimpikan akan ada duta mahasiswa BPKP di kampus-kampus sehingga para mahasiswa akan lebih terlibat mengawal negeri ini dan terjalin kolaborasi faktual yang berkelanjutan.

Kepala Perwakilan BPKP DIY Adi Gemawan yang hadir sebagai keynote speaker menjelaskan sejarah berdirinya BPKP dan kiprah BPKP dalam mengawal akuntabilitas keuangan sejak berdiri hingga saat ini antara lain pengawalan Proyek Strategis Nasional, penanggulangan Covid-19, Pemulihan Ekonomi Nasional, dan berbagai kegiatan consulting. Ia mengajak mahasiswa untuk turut serta berperan aktif dalam mengawal pembangunan dan membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin mempelajari praktik audit atau tugas BPKP lainnya melalui kegiatan magang dan penelitian.

Pada kesempatan tersebut, Adi berkesempatan bertemu dan berkoordinasi dengan Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Sahiron. Pertemuan tersebut membahas kerja sama yang telah berjalan serta menjajaki beberapa kemungkinan kerja sama lainnya.

(Kominfo BPKP DIY/Rosa)