Percepat Peningkatan Kapabilitas APIP , BPKP Jambi Lakukan Pendampingan

.

JAMBI - Dalam rangka mendorong peningkatan kapabilitas APIP Daerah, Perwakilan BPKP Provinsi Jambi melalui Bidang Program, Pelaporan, dan Pembinaan APIP (P3A) melaksanakan Bimbingan Teknis Pemenuhan Infrastruktur Peningkatan Kapabilitas APIP Menuju Level 3.

Kegiatan yang digelar mulai tanggal 14 Februari-3 Maret ini dilakukan pada enam APIP Daerah yaitu Inspektorat Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Inspektorat Kabupaten Merangin, Inspektorat Kabupaten Sarolangun, Inspektorat Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Inspektorat Kabupaten Kerinci, dan Inspektorat Kota Sungai Penuh.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan APIP Daerah dalam melaksanakan aktivitas pengawasan yang berkualitas dan efektif. Saat ini, Kapabilitas APIP pada enam inspektorat daerah tersebut masih berada di level 2, sehingga Perwakilan BPKP Provinsi Jambi memfasilitasi agar dapat meningkat menjadi level 3. Urgensi Kapabilitas APIP ini adalah sebagai gambaran modal dasar APIP yang terdiri dari Pengelolaan SDM, Pratik Profesional, Akuntabilitas, dan Manajemen Kinerja, Budaya dan Hubungan Organisasi, Struktur Tata Kelola, serta peran dan layanan telah dimanfaatkan secara optimal untuk pencapaian tujuan pengawasan.

Peningkatan kapabilitas memerlukan komitmen yang kuat dari seluruh pihak, terutama APIP itu sendiri sebagai motor di lingkup pemerintahan daerah masing-masing. Oleh karena itu, pada pelaksanaan Bimbingan Teknis Tim Perwakilan BPKP Provinsi Jambi dan Tim Kapabilitas APIP Inspektorat menyusun rencana aksi (action plan) sebagai bentuk komitmen Inspektorat Daerah dalam upaya mewujudkan Kapabilitas Level 3.

(Kominfo BPKP Jambi)