BPKP Pabar Dorong Pemkab Manokwari Capai Maturitas SPIP Level 3

.

MANOKWARI (06/02/2023) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat, Zainuri mendorong Bupati Manokwari beserta jajaran untuk dapat mencapai Maturitas SPIP Level 3. Hal ini ia sampaikan saat kunjungan ke Kantor Bupati Manokwari. Sebelulmnya, tahun 2022 lalu, Kabupaten Manokwari telah berhasil meraih Kapabilitas APIP Level 3.

Zainuri menuturkan di Provinsi Papua Barat baru dua APIP daerah yang telah mencapai Kapabilitas APIP Level 3, yaitu Inspektorat Daerah Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari.

Selain itu, dirinya menjelaskan rencana penugasan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2023, tiga daerah yang dipilih sebagai obyek evaluasi adalah Pemerintah Provinsi Papua Barat, Kabupaten Manokwari, dan Kabupaten Kaimana.

“BPKP siap memberikan rekomendasi strategis terkait perencanaan dan penganggaran. Nanti hasil evaluasi akan didiskusikan dengan Pak Bupati beserta jajarannya,” ujar Zainuri.

Evaluasi perencanaan dan penganggaran ini nantinya bertujuan untuk meyakini bahwa program dan kegiatan yang disusun telah selaras dengan tujuan prioritas pemerintah daerah.

“Untuk itu kami mohon diinformasikan program prioritas apa saja yang ada di Kabupaten Manokwari,” sambungnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Manokwari Hermus Indou mengapresiasi hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat. Hermus menambahkan pihaknya masih membutuhkan bimbingan dan dukungan dari BPKP demi mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih.

“Saya bersyukur ada BPKP dan instansi vertikal lainnya, karena rugi rasanya jika tidak memanfaatkan untuk bisa mendongkrak kinerja kami di daerah," tutur Hermus.

Hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari, Inspektur Daerah Kabupaten Manokwari, Kepala BPKAD Manokwari, Korwas Bidang AN dan Korwas Bidang P3A.

(Kominfo BPKP Pabar)