BPKP Sulteng: Lebih dari Pengadaan, Probity Audit Optimalkan Pendapatan Asli Daerah

.

PALU (6/2/2023) – Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah kembali menggelar diklat peningkatan kompetensi para aparat pengawasan intern pemerintah (APIP).

Diklat Teknis Substantif Probity Audit di Lingkungan Inspektorat Kota Palu diikuti oleh 25 peserta dari lingkungan Inspektorat Kota Palu mulai dari tanggal 6-10 Februari 2023. Pembukaan diklat juga dihadiri oleh Inspektur Kota Palu Muliati.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Diklat Tumbur P. Simatupang menyatakan bahwa diklat bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep dan meningkatkan profesionalisme aparatur dalam rangka pelaksanaan tugas dan mampu melaksanakan probity audit dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota Palu.

Inspektur Kota Palu Muliati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Sulteng dan Wali Kota Palu yang telah mendukung terselenggaranya diklat ini. Muliati mengatakan pentingnya probity audit untuk mengawal dan mendampingi pengadaan barang/jasa di Kota Palu serta berharap semoga diklat ini dapat mendorong Inspektorat Kota Palu untuk bekerja lebih baik.

“Inspektorat Kota Palu sudah mencapai level 3 dan Wali Kota Palu meminta bantuan dari BPKP Sulteng agar Inspektorat Kota Palu dapat mencapai level 4,” ucap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah Evenri Sihombing dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi diklat kali ini.

Evenri menyampaikan perlunya pengawasan dan audit berbasis software serta lebih mengedepankan probity audit ketimbang post audit. Evenri juga mengingatkan agar probity audit jangan hanya berfokus kepada pengadaan barang/jasa, tetapi juga kepada optimalisasi pendapatan asli daerah terutama yang berasal dari pajak dan retribusi.

Terakhir, Evenri berharap agar peserta diklat dapat mengikuti diklat dari awal hingga akhir dan kepada instruktur diklat agar dapat menyajikan materi diklat dengan cara yang kreatif. Pembukaan diklat sendiri ditutup dengan penyematan tanda peserta diklat, pembacaan doa, dan foto bersama.

 

(Kominfo BPKP Sulteng)