BPKP Kaltara Paparkan Area of Improvement Perbaikan Kualitas Tata Kelola

.

TANA TIDUNG - Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara Felix Joni Darjoko yang didampingi oleh Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang Akuntabilitas Keuangan Daerah (APD) Arief Hidayat hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Kapabilitas APIP, serta Implementasi SPIP Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tana Tidung, Kamis (2/2/2023).

Pada pertemuan yang diadakan di Ruang Rapat Pemda, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara.

“Terima kasih atas dukungan dan bantuan BPKP selama ini serta sudah meluangkan waktu bersilaturahmi ke Pemda Tana Tidung,” ucapnya.

Ibrahim mengatakan akan terus memperbaiki tata kelola pemerintahannya.

Dirinya juga menyampaikan terkait program-program yang dicanangkan selama kepemimpinan hingga tahun 2024. “Kami Insya Allah dalam waktu dekat akan melakukan semacam musyarawarah. Saya akan menyampaikan kepada masyarakat sebagai bentuk akuntanilitas publik mengenai program-program yang sudah tercapai dan belum tercapai,” ucapnya.

Ibrahim juga meminta agar BPKP terus memberi saran dan masukan melalui pengawasan untuk membantunya dalam membangun Kabupaten Tana Tidung.

“Mudah-mudahan silaturahmi, komunikasi, dan kerja sama kami dengan BPKP dapat terus terjalin dengan baik,” harapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara langsung Laporan Hasil Evaluasi Maturitas SPIP Terintegrasi dan Kapabilitas APIP Kabupaten Tana Tidung oleh Kaper BPKP Provinsi Kalimantan Utara Felix Joni Darjoko dan diterima oleh Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali.

Dalam pertemuan yang dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tana Tidung Felix menjelaskan Area Of Improvement (AOI) pada setiap dimensi dan parameter  SPIP, termasuk aspek risiko korupsi.

Selanjutnya, Felix memaparkan terkait renaksi peningkatan kapabilitas APIP Inspektorat Kabupaten Tana Tidung menyusul hasil penilaian kapabilitas akhir tahun 2022.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab. Kegiatan turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tana Tidung Said Agil, Inspektur Kabupaten Tana Tidung Dimas Aditya, dan seluruh pimpinan OPD.

 

(Kominfo BPKP Kaltara)