Bandar Udara Teuku Cut Ali Aceh Selatan Dibuka

.

TAPAK TUAN - Bandara Teuku Cut Ali Aceh Selatan pada bulan Januari 2023 mulai diaktifkan lagi untuk penerbangan perintis dari dan ke Banda Aceh dengan kerja sama Pemerintah Daerah, Kementerian Perhubungan dan Perusahaan Penerbangan Dalam Negeri Susi Air.

Dengan subsidi dari Kementerian Perhubungan, penerbangan ini dibuka dengan harapan dapat memperlancar akses ke dan dari Aceh Salatan dengan daerah lain. Selain mempercepat akses ke Aceh Selatan juga dapat mendukung percepatan pergerakan perekonomian. Dengan lancarnya akses transportasi ini diharapkan distribusi pangan, hasil pertanian, perkebunan, perikanan, kelautan serta pariwisata akan lebih meningkat. Kemudahan transportasi udara ini akan menarik kedatangan para turis baik dari dalam maupun luar negeri.

Pada kesempatan kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPKP Aceh ke Kabupaten Aceh Selatan pada 2 Februari 2023, ia menyempatkan naik pesawat Susi Air dari Kabupaten Aceh Selatan menuju Banda Aceh, dan penerbangan ditempuh cukup satu jam lebih sepuluh menit.

Dalam kesempatan tersebut ia berharap, dengan lancarnya akses transportasi ke Aceh Selatan, pariwisata akan segera meningkat dan menambah pendapatan asli daerah. Pihak pemerintah daerah harus segera menyiapkan diri secara keseluruhan baik sarana maupun prasarana terkait pariwisata.

 

(Kominfo BPKP Aceh/s)