BPKP Dorong APIP Gesit Bantu Pencapaian Tujuan Organisasi

.

PONTIANAK (1/2/2023) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Ayi Riyanto membuka Pelatihan Jabatan Fungsional Auditor Ahli Pertama se-Wilayah Kalimantan Barat. Kegiatan tersebut diikuti oleh 34 peserta yang berasal dari Inspektorat Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Ayi menyampaikan bahwa kehadiran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) semakin mendapatkan perhatian. Presiden semakin memberikan kepercayaan untuk APIP dapat melakukan pengawalan terhadap program-program pemerintah mulai dari penanganan inflasi, pertumbuhan ekonomi, hingga P3DN. Oleh karena itu, Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa sejalan dengan kepercayaan tersebut, APIP harus dapat memberikan kinerja dan kompetensi yang terus meningkat.

“Salah satunya upaya dalam meningkatkan kinerja dan kompetensi adalah dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan,” ujar Ayi.

Sebagaimana diketahui, auditor sebagai salah satu profesi jabatan fungsional, memiliki penjenjangan mulai dari pertama hingga utama. Melalui pendidikan dan pelatihan yang dikatakan oleh Kepala Perwakilan, auditor dapat terus meningkatkan kompetensinya untuk dapat bekerja sesuai standar yang dimiliki sebuah profesi.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan BPKP, Ayi menyampaikan bahwa diklat ini merupakan langkah awal para auditor dalam menapak karir. “Tantangan ke depan semakin sulit, namun dapat diatasi dengan belajar. Untuk itu, saya berpesan untuk semua peserta, manfaatkan kesempatan ini. Upayakan dapat lulus dalam ujian,” pesan Kaper.

Kegiatan yang dibiaya oleh Dana STAR BPKP tersebut diselenggarakan dengan konsep andragogi. Untuk itu, Ayi mengharapkan semua peserta harus dapat proaktif di dalam kelas agar ilmu-ilmu yang didapatkan di dalam diklat ini dapat meningkatkan kompetensi, kemampuan dalam rangka meng-upgrade diri untuk menjadi auditor yang agile dan multitasking guna pencapaian tujuan organisasi.

Pelatihan Jabatan Fungsional Auditor Ahli Pertama tersebut dilaksanakan mulai 1-Februari 2023. Hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut Kepala Bagian Umum Puji Basuki, para koordinator pengawasan, subkoordinator, dan pemateri.

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)