Pengawasan Lebih Terarah dengan Perencanaan yang Baik

.

PADANG (30/1/2023) – Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Workshop Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) pada Inspektorat di Wilayah Provinsi Sumatera Barat. Workshop PPBR ini dihadiri oleh Inspektur Kab/Kota se-Sumatera Barat dan APIP Kab/Kota di Sumatera Barat.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Dessy Adin, membuka langsung acara tersebut. Ia berharap dengan terselenggaranya workshop ini, maka aparat pengawasan pemerintah daerah dapat menyusun dokumen Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko Tahun 2023. Dengan menerapkan perencanaan pengawasan berbasis risiko, penugasan APIP dapat lebih fokus pada risiko yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Perencanaan yang baik tentuakan membuat pengawasan lebih terarah sehingga memudahkan pimpinan dalam mengambil kebijakan.

Pada kesempatan tersebut, juga diserahkan Piagam Kapabilitas APIP Level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kepada Inspektorat Kota Padang, Inspektorat Kabupaten Agam, dan Inspektorat Kota Payakumbuh. Piagam diterima langsung oleh Inspektur Kabupaten/Kota tersebut.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A R.Agus Prasetyo Budi, terkait Strategi Peningkatan Kapabiitas APIP. Dilanjutkan dengan Overview PPBR dan Kertas Kerja PPBR oleh narasumber Bidang P3A BPKP Sumbar. 

(Tim Kominfo BPKP Sumbar)