BPKP Pabar Dorong Penerapan Manajemen Risiko pada RSUD Kab. Manokwari

.

MANOKWARI (20/1/2023) - Dalam rangka mendorong penerapan Manajemen Risiko di lingkungan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) penyusunan pedoman manajemen risiko pada RSUD Kabupaten Manokwari. Kegiatan ini diikuti oleh Direktur RSUD Manokwari, sekretaris, serta kepala-kepala unit instalasi.

RSUD Kabupaten Manokwari dalam menjalankan proses bisnis, tentunya menghadapi berbagai faktor yang dapat menghambat tercapainya tujuan organisasi, baik internal maupun eksternal. Adanya ketidakpastian terhadap pencapaian tujuan dan sasaran ini dapat dikenal dengan istilah risiko. Sebagai institusi pelayanan kesehatan, risiko yang dihadapi oleh rumah sakit sangat berhubungan erat dengan keselamatan pasien/keluarga pasien dan keselamatan kerja tenaga medis/non medis rumah sakit. Oleh karena itu, rumah sakit harus memiliki dan menjamin berjalannya sistem untuk mengendalikan dan mengurangi risiko strategis dan seluruh risiko pada area pelayanan, area klinis, dan area non klinis.

Pada kegiatan ini, tim memberikan penjelasan mengenai proses manajemen risiko mulai dari identifikasi risiko, analisis risiko, hingga evaluasi.

(Kominfo BPKP Pabar)