Tiga Aspek Penting Dalam Desain Pengawasan

.

JAKARTA (18/1/2023) - Keberadaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dinilai semakin penting dan strategis dalam membantu pencapaian tujuan negara. Pengawasan yang dihasilkan BPKP pada tahun 2022 mampu berkontribusi pada fiskal sebesar Rp117,83 triliun. Angka tersebut diperoleh dari efisiensi pengeluaran negara/daerah Rp76,32 triliun, penyelamatan keuangan negara/daerah Rp37,01 triliun, dan optimalisasi penerimaan negara/daerah Rp4,50 triliun.

Pada Rapat Koordinasi Jabatan Tinggi Pratama di Lingkungan BPKP Tahun 2023 yang digelar di Aula Gandhi pada Rabu (18/1), Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh mengapresiasi kinerja pengawasan yang semakin berkualitas yang telah dilakukan oleh seluruh unit kerja. Pencapaian yang diraih BPKP tentu tak terlepas dari sinergi dan kolaborasi, baik dalam kegiatan assurance maupun consulting. Untuk itu, Yusuf Ateh berpesan untuk dapat mempertahankan ataupun meningkatkan raihan yang telah dicapai, karena ruang perbaikan tentu masih ada dan tantangan ke depan akan semakin kompleks.

"Hari ini kita mengingatkan kembali, merefleksi supaya hasil ini bisa kita tingkatkan," ucapnya.

Dalam membuat desain pengawasan, Yusuf Ateh berpesan untuk memperhatikan tiga aspek. Hal yang pertama dilakukan menetapkan tujuan yang jelas dan menyamakan persepsi tentang tujuan tersebut. "Penyamaan persepsi tentang tujuan menjadi penting," tegasnya.

Yang kedua, mendesain data-data yang dibutuhkan. Ketiga, adalah bagaimana langkah mengumpulkan data-data tersebut.

Bukan hanya di pusat, dikatakan Yusuf Ateh, Perwakilan BPKP juga harus mempunyai cita-cita, memberikan kontribusi membangun daerah baik kabupaten/kota atau bahkan provinsi dengan desain pengawasan yang mempunyai fokus.

"Bangun mulai dari perencanaan, penganggaran, penetapan program, hingga akhir," imbuhnya.

Tak sampai di situ, Yusuf Ateh juga berpesan pada seluruh pimpinan unit kerja untuk dapat selalu memantau progres yang telah dikerjakan oleh timnya. Terakhir, ia kembali mengingatkan untuk selalu teguh menjaga integritas dalam menjalankan tugas.

"Jaga, bangun ekosistem yang saling menjaga di antara kita, saling mengingatkan di antara kita," tutupnya.

(Kominfo BPKP win/iz)