Bersama Kepala Daerah, BPKP Jaga Stabilitas Ekonomi

.

BOGOR - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyebut BPKP siap mendampingi kepala daerah untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi di daerah. Pasalnya, dalam menjaga stabilitas ekonomi tidak bisa dilakukan sendiri akan tetapi perlu sinergi dan kolaborasi.
 
"BPKP di perwakilan siap mendampingi Bapak atau Ibu kepala daerah untuk menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi," katanya dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah yang digelar di Sentul, Bogor, Jawa Barat (17/01/2023).
 
Dikatakan, dalam menjawab tantangan dan ekspektasi yang semakin tinggi, diperlukan juga penguatan pengawasan intern yang difokuskan untuk mengawal pertumbuhan ekonomi di daerah. Hal tersebut kata dia, berdasarkan hasil evaluasi BPKP terhadap 113 pemda masih ditemukan anggaran yang seharusnya dapat dialokasikan secara efisien dan efektif.
 
"Kualitas belanja daerah potensial untuk ditingkatkan dan semua bisa dimulai dari penguatan praktik perencanaan dan penganggaran," ucapnya.
 
Dirinya menambahkan, untuk fokus pengawasan BPKP di daerah pada tahun 2023 ini akan fokus pada peningkatan kualitas SDM. Tak bisa dipungkiri, SDM merupakan fondasi bagi pembangunan yang berkelanjutan.
 
"Tiga aspek yang akan menjadi fokus pengawasan BPKP. Pertama, aspek pendidikan. Kedua, aspek kesehatan. Terakhir, aspek perlindingan sosial," sebutnya.
 
Selain itu, yang perlu menjadi perhatian bersama adalah risiko kecurangan di daerah yang perlu disikapi dengan penguatan kapabilitas pengelolaan risiko kecurangan.
 
"Kami melakukan penilaian di daerah, hasilnya kapabilitas masih rendah, infrastuktur untuk pencegahan dan penanganan kecurangan juga masih lemah," pungkasnya.
 
(Kominfo BPKP/FR)