Menuju Kemandirian Fiskal, BPKP Riau Siap Kawal Peningkatan PAD Kota Pekanbaru

.

PEKANBARU (2/1/2023) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir, didampingi Korwas P3A Sugimulyo, melaksanakan Koordinasi Pengawasan di awal tahun 2023 pada Pemerintah Kota Pekanbaru.

Koordinasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik terutama mengenai peningkatan Pendapatan Asli Daeah (PAD) Pemerintah Kota Pekanbaru.

Pejabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun, didampingi Asisten I bersama Inspektur, Kepala Bappeda, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menyambut baik kunjungan kerja Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau di Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya.

Koordinasi pengawasan ini diharapkan adanya kerja sama antara Perwakilan BPKP Provinsi Riau dengan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk melaksanakan pemeriksaan pajak hotel dan restoran dalam rangka meningkatkan PAD menuju kemandirian fiskal Pemerintah Kota Pekanbaru yang rencananya akan dilaksanakan di bulan Januari 2023.

Pejabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun, berharap BPKP dapat membantu, mengawal dan mengawasi jalannya pemerintahan Kota Pekanbaru sehingga tata kelola pemerintahan Kota Pekanbaru menjadi lebih baik (good and clean governance).

Dalam koordinasi ini juga dilakukan diskusi terkait rencana evaluasi secara berkala oleh wali kota kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tentang progres kemajuan kinerja dan kendala serta hambatan dalam mewujudkan rencana kerja dari masing-masing OPD Pemerintah Kota Pekanbaru.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir mengatakan BPKP siap untuk membantu, mengawal dan mengawasi jalannya pemerintahan Kota Pekanbaru dalam rangka peningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik terutama peningkatan PAD Kota Pekanbaru menuju kemandirian fiskal.

(Kominfor BPKP Riau)