Telaah Sejawat Tingkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pengawasan

.

DUMAI (5/12/2022) – Perwakilan BPKP Provinsi Riau bersama sembilan Inspektorat Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau menggelar kegiatan Telaah Sejawat Tahun 2022.

Ketua Panita Telaah Sejawat Sugimulyo menyampaikan tujuan kegiatan untuk memastikan kesesuaian pelaksanaan pengawasan intern sesuai dengan ketentuan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan pengawasan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Gunawan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Telaah Sejawat ini dengan telah menerbitkan Peraturan Wali Kota Dumai Nomor 69 Tahun 2022 tentang Pedoman Telaah Sejawat Hasil Audit APIP Kota Dumai dengan maksud memberikan acuan bagi penelaah dalam pelaksanaan tugas audit telah sesuai dengan standar audit dan kendali mutu audit APIP.

Dihadapan sembilan Inspektorat Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir membuka kegiatan Telaah Sejawat. Dalam sambutannya, Fauqi menyampaikan APIP diwajibkan untuk senantiasa mengevaluasi kesesuaian pelaksanaan kegiatan pengawasan intern sehari-hari dengan kode etik dan standar yang berlaku, baik dari perencanaan penugasan, pelaksanaan penugasan, komunikasi hasil penugasan, hingga pemantauan tindak lanjut.

Fauqi juga menegaskan APIP dituntut untuk mampu menghadapi tantangan-tantangan yang semakin kompleks diantarnya Delivery harus tepat waktu sesuai dengan dinamika, Audit Universe yang semakin luas dan beragam yang memenuhi harapan stakehoders utama, belum optimalnya pemanfaatan teknologi informasi serta Pengambilan kebijakan bergantung pada akurasi hasil audit.

“Untuk itu, dibutuhkan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) APIP menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi” ujar Fauqi

Selain itu, diperlukan juga suatu program pengembangan dan penjaminan kualitas yang dilakukan secara berkesinambungan. Salah satunya melalui kegiatan telaah sejawat antar APIP untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dan efektivitas pengawasan intern.

(Kominfo BPKP Riau)