BPKP Maluku Dukung PELITA Si TANI Guna Bangun Petani Lebih Kuat

.

AMBON (28/11/2022) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi menghadiri acara Launching dan Talkshow PELITA Si TANI yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Maluku di Hotel Grand Avira pada.

Strategi Pelibatan Stakeholder dalam Optimalisasi Pembiayaan Petani atau PELITA Si TANI merupakan sebuah inovasi dan terobosan yang diusung oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Ilham Tauda. Ia mengaku, inovasi tersebut terkait optimalisasi pembiayaan petani yakni KUR Pertanian dan asuransi tani.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi turut menyampaikan apresiasi dan menyambut baik inovasi tersebut. Ia berharap inovasi yang mengusung strategi melibatkan stakeholder tersebut dapat mendorong optimalisasi KUR Pertanian dan asuransi tani di Maluku, sehingga rendahnya akses petani terhadap pembiayaan pertanian dapat diatasi.

Di sisi lain, Yunaedi juga mengakui kehadiran PELITA Si TANI dapat membangun petani menjadi lebih kuat, terutama ketika beberapa waktu yang lalu telah dilaksanakan piloting proyek sasaran di Kabupaten Buru dan Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai Lumbung Padi Maluku.

Selain acara launching dan talkshow, kegiatan diisi dengan sesi serah terima KUR Pertanian. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi juga turut menyerahkan KUR Pertanian kepada kelompok tani.      

Acara turut dihadiri oleh perwakilan Forkopimda Maluku, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Bhakti Artanta, Kepala OJK Provinsi Maluku Roni Nazra, Ketua TGPP Maluku Hadi Basalamah, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Yunaedi, sejumlah staf ahli dan Asisten Pemprov Maluku, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan perbankan, akademisi, pelaku Pertanian, ASN di lingkup Dinas Pertanian Provinsi Maluku dan para tamu undangan yang hadir langsung maupun via online.       

        

(Kominfo BPKP Maluku/ABW/AKB)