Percepat Penyaluran BLT, BPKP Sulteng Imbau Koordinasi Semua Pihak

.

PALU (29/11/2022) – Kolaborasi Bank Indonesia (BI) dan BPKP menginisiasi pertemuan antara PT Pos Indonesia Cabang Palu, BNI Cabang Palu, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah dan BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah untuk membahas kendala penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Tengah Evenri Sihombing dalam pertemuan tersebut mengungkapkan permasalahan yang ditemukan oleh tim selama di lapangan terkait penyaluran BLT. Pertemuan ini diharapakan dapat mengidentifikasi akar permasalahan dan menghasilkan kesepakatan bersama sehingga penyaluran BLT di Provinsi Sulawesi Tengah lancar dan tepat waktu.

Dalam pertemuan tersebut disepakati agar dilakukan komunikasi antara pihak terkait agar penyiapan dana tunai dapat direncanakan dan dipersiapkan secara lebih matang. Hal ini mengingat pasokan uang tunai untuk sampai ke Palu diperlukan alur distribusi yang memakan waktu lebih dari satu hari. Selain itu, dapat dilakukan pengumpulan dana tunai dari beberapa bank yang bukan penyalur BLT jika para pihak penyalur BLT melakukan komunikasi yang intensif sehingga BI dapat mengkoordinasikan Dana Tunai di bank mana yang cukup tersedia.

Dalam akhir pertemuan, Evenri mengharapkan koordinasi dan sinergi dalam rangka memperlancar program pemerintah khusunya BLT agar dilakukan secara intensif agar Keluarga Penerima Manfaat dapat segera merasakan manfaat Program BLT.

(Kominfo BPKP Sulteng)

 

  •