Komitmen, Unsur Penting dalam Pengendalian Intern

.

PALU (24/11/2022) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah Evenri Sihombing diundang untuk menjadi narasumber pada Rapat Koordinasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah bertempat di Aula Kantor KPU Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam kegiatan yang dimoderatori oleh Kepala Bagian Hukum dan SDM KPU Provinsi Sulawesi Tengah Rizal Jasman ini, Evenri memberikan materi tentang Akuntabilitas Keuangan Negara, Manajemen Risiko, Informasi dan Komunikasi, serta Pemantauan Pengendalian Intern.

“Korupsi di Indonesia 80% disebabkan oleh kelalaian dan sisanya karena kurangnya komitmen. Anehnya, makin tinggi penanganan dan korupsi makin tinggi juga kerugian negara,” ucap Evenri membuka penyampaiannya.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena petugas yang bukan merupakan kuasa pengguna anggaran mencampuri aspek pengelolaan keuangan.

“Sistem Pengendalian Intern (SPI) masih hanya sebatas kertas dan belum ada komitmennya. Hal tersebut menyebabkan sistem manejemen terabaikan dan kelemahan dalam pembinaan SDM. Untuk itu, aspek keuangan, aspek kekayaan, dan aspek pembinaan SDM harus diperbaiki dan dikelola dengan baik serta harus terintegrasi,” pungkas Evenri.

Terakhir, Evenri juga memberikan beberapa contoh Sistem Pengendalian Intern yang dapat dilakukan antara lain melakukan dokumentasi untuk setiap perjalanan dinas yang dilakukan, biaya penginapan hotel dibuat SPLS, dan Berita Acara Negosiasi Harga. Evenri juga berharap semoga SPIP di KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah dapat berjalan dengan baik.

(Kominfo BPKP Sulteng)