Transformasi Digital Pengawasan Intern, Ciptakan Hasil Pengawasan yang Berkualitas

.

JAKARTA (22/11/2022) – Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah (PIP) Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto mengikuti kegiatan Rakorwas Kementerian Agama dengan materi Transformasi Digital Pengawasan Intern. Pada kesempatan itu, Iwan Taufiq mengatakan bahwa transformasi digital pengawasan intern sangat dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan pengawasan saat ini dan menciptakan hasil pengawasan yang berkualitas.

“Kegiatan pengawasan intern saat ini diharapkan dapat bertransformasi secara digital karena adanya pertimbangan risiko fraud, hambatan dalam pemanfaatan sumber daya, cara bekerja yang baru (misalnya karena COVID-19), meningkatkan kepatuhan pada peraturan, perubahan lingkungan strategis yang sangat cepat, tuntutan untuk dapat memberikan hasil pengawasan yang lebih berkualitas, serta meningkatnya ekspektasi dari para stakeholder,” ungkap Iwan.

Ditambahkan Iwan, proses transformasi ini dimulai dengan perumusan informasi hasil pengawasan, perumusan kebijakan transformasi digital kemudian dilanjutkan pengembangan pengawasan intern berbasis elektronik, meningkatkan infrastruktur, pengembangan kompetensi SDM, data sharing APIP, termasuk pengembangan sistem aplikasi. Hal ini juga tentunya selaras dengan RPJMN 2020-2024 dan ketentuan tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Oleh karena itu, auditor juga diharapkan tidak menjadi Jurassic Auditor, sehingga transformasi digital dapat berdampak pada hasil pengawasan yang lebih inovatif, efisien, kolaboratif, inklusif, mengakselerasi pencapaian target, dan meningkatkan akuntabilitas guna dapat memberikan hasil pengawasan yang lebih cepat, akurat, lebih berkualitas dan high level,” tambahnya.

Kegiatan ini dilangsungkan di Hotel Novotel Mangga Dua Square, yang dihadiri para pejabat eselon 1, 2, 3 pusat termasuk para Kakanwil Kemenag, para Rektor PTKIN, para Kepala Balai Diklat Keagamaan secara luring. Selain itu para eselon 3, 4 daerah, para Kepala Madrasah, dan peserta lainnya hadir secara daring.

 

(Kominfo BPKP)