Capai Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa dengan SIA BUMDes

.

BENGKULU (22/11/2022) - Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu melaksanakan kegiatan Pelatihan Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BUMDes Tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi SIA BUMDes di Kabupaten Bengkulu Tengah. Dihadiri oleh Anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah Fepi Suheri, Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa (PMD) Tomi Marisi, dan diikuti oleh 27 BUMDes yang telah berbadan hukum.

Koordinator Pengawasan Kelompok Jabatan Fungsional Auditor Bidang Akuntan Negara pada Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Harapan Tampubolon menjelaskan bahwa tantangan yang dihadapi oleh BUMDes adalah antara fungsi sosial dan fungsi profitnya. BPKP mendukung meningkatkan tata kelola keuangan BUMDes antara lain dengan penerapan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BUMDes.

Dalam pelatihan, Tim Bidang Akuntan Negara Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu menjelaskan dan membimbing para pengurus/bendaharawan BUMDes yang hadir dalam kegiatan tersebut. Sistem Informasi Akuntansi (SIA) BUMDes ini disusun untuk meningkatkan kualitas tata kelola keuangan BUMDesa, dengan aplikasi yang sederhana sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya.

Dalam sambutanmya, Fepi Suheri mengatakan Kabupaten Bengkulu Tengah mendukung penuh Dinas PMD untuk memajukan desa dan memberdayakan masyarakat melalui BUMDes. Diharapkan dengan adanya pelatihan dari BPKP ini Bumdes di Kabupaten Bengkulu Tengah dapat meningkatkan pengelolaan keuangan.

Sementara itu, Tomi Marisi yang membuka langsung kegiatan pelatihan mengatakan ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan BUMDes, yaitu pengurus BUMDes yang ditunjuk harus memiliki kapasitas, berkompeten dan berjiwa wirausaha (enterpreneurship) agar BUMDes lebih berkembang. Selanjutnya harus ada komitmen dari pengurus BUMDes dan masyarakat untuk saling berkembang dan bekerja sama. Yang ketiga dan yang paling penting adalah akuntabilitas dan transparansi.

(Kominfo BPKP Bengkulu)