BPKP Buka Program Magang bagi ASN Papua

.

JAKARTA – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menyelenggarakan program Magang bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Papua Tahun 2022 pada Senin (14/11). Program tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) BPKP Sasono Adi yang ditemani oleh Widyaiswara Lembaga Administrasi Negara (LAN) Eddy Wibowo di Kantor Pusat BPKP. Program tersebut merupakan kerja sama antara BPKP dengan LAN.

Salah satu tujuan diadakannya program tersebut adalah untuk mengembangkan kompetensi ASN Papua dengan cara belajar, berlatih, dan berdiskusi dengan para ahli di BPKP sehingga ASN Papua dapat lebih berkontribusi kepada Indonesia, khususnya dalam pembangunan Papua di masa depan.

Pada sambutannya, Sasono menjelaskan sudah banyak pemuda-pemudi Papua yang mencetak prestasi bagi Indonesia. “Kami berharap, melalui kegiatan ini, kalian (para peserta) dapat mencetak prestasi di bidang ASN untuk Pemerintah Indonesia khususnya Pemerintah Papua agar menjadi pemerintahan yang efisien, efektif, dan tepat sasaran dalam melayani masyarakat Papua,” ujarnya. Sasono juga menjelaskan bahwa para peserta magang dikirim ke BPKP untuk belajar serta berlatih bersama para pengajar BPKP.

Selanjutnya, Eddy berterima kasih kepada BPKP, “Kami dari LAN yang bertugas untuk memfasilitasi ini menyampaikan terima kasih yang sangat besar kepada BPKP yang telah berkoordinasi dengan kami,” ucapnya. Eddy juga optimis bahwa para peserta magang ini akan banyak belajar dan menyerap banyak ilmu dan pengalaman yang dapat langsung diaplikasikan pada saat kembali. Dirinya juga berharap para peserta dapat berkontribusi penuh untuk pembangunan Papua di masa yang akan datang.

Program Magang Bagi ASN Papua di BPKP Tahun 2022 ini diikuti oleh 11 orang peserta yang dimulai pada 14 November sampai dengan 18 November 2022. Para peserta akan magangdi dua tempat yang berbeda yaitu Kantor Pusat BPKP dan Pusdiklatwas BPKP.

(Kominfo BPKP/AIS)