Gandeng BPKP, PD Perpamsi Kalbar Kuatkan Tata Kelola Wujudkan Tata Kelola yang Baik

.

SUNGAI RAYA (25/10/2022) – PD Perpamsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Kerja Daerah Tahun 2022. Kepala Perwakilan BPKP Kalimantan Barat Ayi Riyanto sampaikan strategi penguatan tata kelola guna wujudkan good corporate governance di lingkungan Perumda di Kalimantan Barat.

Rapat Kerja Daerah dibuka oleh Ketua DPD Perpamsi Kalimantan Barat Mula Putra dengan diikuti oleh seluruh anggota PD Perpamsi yang terdiri dari direksi perusahaan air minum daerah se-Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Mula menyampaikan bahwa telah dilaksanakan Musyawarah Antar Perusahaan Minum Daerah dengan terpilihnya kembali Mula sebagai Ketua DPD Perpamsi untuk periode berikutnya.

Guna menguatkan kembali pengetahuan dan wawasan bagi para jajaran PD Perpamsi terkait tata kelola yang baik bagi Perumdanya, PD Perpamsi Kalimantan Barat menggandeng Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam kesempatan yang baik tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Ayi Riyanto didaulat untuk menyampaikan bagaimana strategi dalam mewujudkan good and excellent corporation bagi perusahaan minum air daerah di Kalimantan Barat.

Didampingi Koordinator Bidang Akuntan Negara Daridin, Ayi Riyanto menyebutkan dalam menunjang efektivitas implementasi dari penguatan tata kelola bagi para Perumda Air Minum yang termasuk dalam Badan Usaha Milik Daerah Jasa Air harus memiliki komitmen, integritas, kompetensi dan juga keterlibatan dari sumber daya manusianya dalam pencapaian tujuan dari organisasinya.

"Apabila keempat hal tersebut tidak terpenuhi, good and excellent corporation tidak akan terwujud," jelas Ayi.

Lanjutnya, dalam penguatan tata kelola yang dimaksud, harus memiliki pedoman tata kelola yang dapat dipertanggung jawabkan. Tak hanya itu, kebijakan manajemen risiko juga harus dapat dibuat guna membangun tata kelola dengan memitigasi risiko yang hadir dalam upaya mewujudkan good corporate governance.

Dengan dibuatnya kebijakan manajemen risiko tersebut, budaya sadar risiko juga akan terbangun sehingga lingkungan pengendalian atau internal control system dapat secara terintegrasi mendorong pula kepemimpinan yang adaptif, peningkatan kompetensi SDM, optimalisasi aset, pengembangan inovasi layanan dan target kinerja yang realistis.

Acara dilanjutkan dengan sharing dan diskusi bersama para jajaran anggota DPD Perpamsi di Kalimantan Barat terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dan kemudian diberikan langsung saran dan masukan oleh Kepala Perwakilan BPKP.

Mengakhiri kegiatan tersebut, Ketua DPD Perpamsi Kalimantan Barat yang sekaligus menjabat sebagai Direktur Perumdam Tirta Raya mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan dan akan diteruskan kepada jajaran di Perumdam masing-masing guna menguatkan tata kelola demi mewujudkan Good Corporate Governance.

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)