BPKP Maluku Bidik Kecamatan Bula Jadi Lokasi Evaluasi Penyaluran BLT-BBM

.

BULA (25/9/2022) - Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melakukan kunjungan ke Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Minggu. Agenda yang dilaksanakan, yaitu melakukan evaluasi atas penyaluran bantuan sosial BLT-BBM kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) PKH dan sembako, sekaligus melakukan evaluasi implementasi strategi penurunan beban pengeluaran dalam rangka penghapusan kemiskinan ekstrem.

Berdasarkan hasil koordinasi Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dengan Dinas Sosial Kabupaten Seram Bagian Timur, daerah yang dipilih sebagai lokasi untuk dikunjungi pertama, yaitu Desa Sesar dan Desa Englas yang berada di Kecamatan Bula, Kabupaten SBT. Salah satu kegiatan yang dilakukan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku melalui Tim Bidang IPP adalah wawancara dengan para penerima bantuan sosial BLT-BBM dan masyarakat yang tergolong dalam kategori miskin ekstrem. Dalam pelaksanaan evaluasi, Yunaedi juga berkesempatan turun langsung mewawancarai beberapa penerima bantuan.

Ia berdiskusi terkait kondisi perekonomian masyarakat yang tergolong dalam kategori miskin ekstrem, seperti bagaimana kondisi tempat tinggal, sumber mata pencaharian, dan pengeluaran untuk rumah tangga. Pihaknya juga mengimbau para penerima bantuan sosial BLT-BBM untuk dapat memanfaatkan bantuan yang diterima dengan maksimal sebagai kompensasi kenaikan harga BBM, sehingga diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran rumah tangga masyarakat.

Setelah turun ke lapangan untuk melakukan wawancara, selanjutnya Yunaedi bersama tim berkoordinasi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Seram Bagian Timur. Ia dan tim berdiskusi terkait kondisi penyaluran BLT-BBM di lapangan dan bagaimana strategi Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur dalam melaksanakan penanggulangan kemiskinan ekstrem. Ia dalam kesempatan yang sama juga menyampaikan harapannya agar adanya kerja sama antara Perwakilan BPKP Provinsi Maluku dan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur dalam koordinasi pengawasan program-program bantuan sosial pemerintah lainnya.

(Tim Bidang IPP/AHW/ALF – Kominfo BPKP Maluku/RBL/AKB)