22 APIP Kab. Mamberamo Tengah Ikuti Pelatihan Audit

.

JAYAPURA - Perwakilan BPKP Provinsi Papua bersama Pusdiklatwas BPKP menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama Bagi Pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah.
 
Bertempat di Edotel Yotefa View Jayapura, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua Tri Wibowo Aji, didampingi oleh Korwas Bidang P3APIP Eko Hery Winarno, membuka kegiatan Pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah. Dalam pembukaan, hadir pula Plt. Inspektur Mamberamo Tengah Edwin Karundeng, dan Staf Ahli Bupati Abraham Ayehuan.
 
Kegiatan ini diikuti oleh 22 peserta yang berasal dari beberapa OPD di Kabupaten Mamberamo Tengah dan akan diselenggarakan mulai dari tanggal 26 September sampai dengan 17 Oktober 2022.
 
Diklat diselenggarakan dengan pola PNBP berdasarkan permintaan dari Plt. Bupati Mamberamo Tengah Yonas Kenelak. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Bupati dalam meningkatkan kapabilitas APIP melalui pemenuhan kebutuhan JFA di Inspektorat Kabupaten Mamberamo Tengah. 
 
Dalam sambutannya, Tri Wibowo Aji menyampaikan bahwa diklat bertujuan untuk membekali peserta dalam meningkatkan keahlian, keterampilan, dan profesionalisme auditor dalam pelaksanaan tugas pengawasan. Melalui diklat pembentukan auditor akan mempelajari ilmu-ilmu dasar pengawasan, namun setelahnya auditor harus terus menerus belajar tentang berbagai bidang ilmu karena dinamis dan luasnya lingkup pengawasan di lapangan.
 
Lebih lanjut ia menyampaikan, dalam pelaksanaan tugas pengawasan auditor akan dihadapkan pada banyak tantangan. Salah satu tantangan yang dihadapi di lingkungan pemerintah daerah adalah independensi. Meskipun peserta diklat berasal dari berbagai OPD, ketika bertugas sebagai auditor tetap harus independen dan melakukan pengawasan dengan optimal. Selain itu, APIP diharapkan mampu mendeteksi kelemahan maupun penyimpangan dalam organisasi dan dapat memberikan peringatan dini (early warning system).
 
Aji mengajak para peserta diklat untuk bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran dan menggali ilmu sebanyak-banyaknya dari para pengajar yang telah berpengalaman di bidang audit intern selama lebih dari 20 tahun. Selain itu, ia juga berpesan agar seluruh peserta selalu menjaga kesehatan selama pelaksanaan diklat. Di akhir acara, Kepala Perwakilan menyematkan tanda peserta diklat secara simbolis kepada 2 orang perwakilan peserta yang menandakan diklat secara resmi dimulai.
 
(Kominfo BPKP Papua)