Siap Bertransformasi, BPKP Aktif Lakukan Riset dan Kajian Kolaboratif

.

JAKARTA (27/9/2022) - Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah Edi Mulia mewakili Deputi Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah menjadi panelis dalam Knowledge Sharing Program Regional Seminar in Asia Tahun 2022 yang diselenggarakan di Grand Hyatt Hotel, Jakarta.
 
Dalam sesi tersebut, disampaikan pengalaman BPKP melakukan riset bersama Korea Development Institut (KDI) untuk mengembangkan sistem e-audit pada tahun 2018/2019 dan tahun 2021/2022 dengan mengadopsi Cheongbaek-e System untuk audit pemerintah daerah. Selain BPKP, panelis seminar lainnya adalah wakil dari Malaysia, Kamboja, dan Kementerian Keuangan RI terkait riset pengembangan pemerintahan digital, pengelolaan banjir dan kekeringan melalui big data, dan Next Generation SPAN.

Acara dibuka oleh Deputi Kebijakan Perdagangan, Ministry Economic of Finance Korea, dilanjutkan dengan sambutan dari Deputi Ekonomi, Bappenas Amalia Adininggar W, serta Hee-seog Kwon dari Kedubes Korea. Seminar dengan tema "Knowledge Sharing: Platform for Recovery and Sustainable Transformation" ini berusaha membangkitkan kondisi perekonomian maupun penyelenggaraan pemerintah pasca Covid-19 yang berdampak di semua negara.

Termasuk dalam hal ini adalah transformasi pengawasan internal, seperti yang disampaikan Edi Mulia bahwa riset kerja sama ini sebagai langkah BPKP untuk melakukan transformasi internal audit menuju drive digital value, mengantisipasi perubahan (change) menjadi chance (peluang). Tiga topik yang diusung adalah “Data necessary for Audit Activities in Relevant Government Institution”, “Comparative Analysis and Evaluation between BPKP’s Audit System and Korea Electronic Audit System” dan “Consolidating SIMDA (FMIS) Continuous Auditing and Continuous Monitoring Function”. Pelaksana riset di BPKP adalah kolaborasi antara Deputi PPKD, Puslitbangwas, dan Pusinfowas.

Mengakhiri paparannya, Edi Mulia menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja pengawasan internal di Indonesia.

(Puslitbangwas BPKP/arka)