BPKP NTT Reviu Pemerataan Penyediaan Jaringan Internet di Sumba Barat Daya

.

SUMBA BARAT DAYA (30/8/2022) - Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Timur melalui Bidang Instansi Pemerintah Pusat (IPP) melakukan reviu penyediaan jaringan akses internet di beberapa titik pada Kabupaten Sumba Barat Daya.

Kegiatan yang dilakukan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 27-30 Agustus 2022. Kedatangan Tim BPKP NTT ini juga disambut langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Sumba Barat Daya Rihimeha A. Praing.

Kegiatan reviu penyediaan akses dan kapasitas jaringan internet tahun 2022 ini merupakan tindak lanjut atas arahan Presiden RI untuk memastikan penyelesaian maupun pemanfaatan dari proyek tersebut, yakni bertujuan untuk optimaliasai jaringan di daerah 3T (Terpencil, Terluar, dan Tertinggal).

Dari 10 lokasi tititk layanan yang terdapat perangkat jaringan internet yang telah selesai dibangun berupa antenna, modem, router, access point, transceiver, rack, dan power stabilizer. Penyediaan layanan internet untuk fasilitas publik ini menggunakan teknologi VSAT dan WiFi merupakan salah satu program Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dengan adanya program ini di harapkan ke depannya jaringan internet sudah dapat dinikmati masyarakat secara merata terutama di Kabupaten Sumba Barat Daya.

(Kominfo BPKP NTT – FH/AT)