Ditinjau BPKP, PLTU Sofifi Kelak Jadi Pemasok Daya Wilayah Sofifi

.

TERNATE – BPKP sebagai APIP berperan dalam mendukung percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana diamanatkan dalam Inpres Nomor 1 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Pembangunan PLTU Sofifi merupakan salah satu proyek PSN yang ada di Provinsi Maluku Utara. Dibangun untuk menambah pasokan daya pada wilayah Sofifi dan mengurangi penggunaan pembangkit berbahan bakar diesel, PLTU ini memiliki daya sebesar 2x3 MW. Hadirnya PLTU Sofifi diharapkan mampu menyuplai listrik di Sofifi dan sekitarnya yang memiliki beban puncak 3,6 MW.

Dalam pembangunan PLTU Sofifi, Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan monitoring dan updating permasalahan atas Progres Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) Pembangunan Ketenagalistrikan Triwulan III Tahun 2022, pada PLTU yang bertempat di Oba, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara ini. Monitoring ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pembangunan PLTU Sofifi telah dilaksanakan dan untuk mengetahui permasalahan yang terjadi saat proses pembangunan.

Dalam rangka pelaksanaan penugasan monitoring progres pelaksanaan PSN Triwulan III Tahun 2022, tim dari Bidang Akuntan Negara BPKP Perwakilan Provinsi Maluku Utara pada Rabu (7/9) meninjau lokasi pembangunan PLTU Sofifi di Oba, Sofifi. Kunjungan lapangan dipimpin oleh Angga Arya K. selaku Pengendali Teknis, Ahmad Daud selaku Ketua Tim dan Eko Pujo Laksono selaku Anggota Tim. Selain melakukan monitoring, Tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara juga memberikan saran dan solusi terkait hambatan yang terdapat dalam proses Pembangunan PLTU Sofifi.

(Kominfo BPKP Malut/Pujo)