BPKP Kalteng Evaluasi Penyaluran Subsidi Pupuk di Barito Utara

.

BARITO UTARA (5/9/2022) - Tim Bidang Akuntan Negara Perwakilan BPKP Kalteng yang dipimpin oleh Pengendali Teknis Suyatno menyambangi para petani di Desa Pendreh - Kecamatan Teweh Tengah guna mengevaluasi penyaluran subsidi pupuk tahun 2021 dan 2022 dengan didampingi tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara.

Melalui evaluasi dokumen, wawancara, dan pengamatan langsung, pengawasan difokuskan pada kebijakan pelaksanaan subsidi pupuk di daerah dan proses penyaluran pupuk bersubsidi sampai ke tingkat petani yang meliputi kebijakan dan perencanaan, penganggaran, serta implementasi kebijakan dan pelaksanaan subsidi pupuk.

Ketersediaan dan keterjangkauan pupuk merupakan salah satu faktor utama yang berpengaruh dalam peningkatan produktivitas, mutu, dan daya saing produk pertanian tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, peternakan, dan perikanan.

Dalam penerapan pemupukan berimbang, perlu didukung dengan aksesibilitas dalam memperoleh pupuk dengan harga yang terjangkau. Oleh karenanya, pupuk perlu untuk disubsidi untuk membantu petani dalam memberikan pemupukan berimbang, sesuai kondisi spesifik lokasi, sehingga diharapkan dapat memperoleh hasil pertanian yang optimal.

Subsidi pupuk diberikan dalam bentuk penyediaan dana yang menutupi selisih antara Harga Pokok Penjualan (HPP) pupuk dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk petani yang ditetapkan oleh pemerintah. Kebijakan subsidi pupuk diarahkan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam membeli pupuk dengan jumlah yang sesuai dosis anjuran pemupukan berimbang dan kondisi spesifik lokasi agar dapat meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional.***

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)