BPKP Malut Reviu Efektivitas Program Padat Karya

.

TERNATE - Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2014 tentang Peningkatan Kualitas Sistem Pengendalian Intern dan Keandalan Penyelenggaraan Fungsi Pengawasan Intern Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat, Perwakilan BPKP Provinsi Malut melakukan reviu atas Program Padat Karya pada Satuan Kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Provinsi Maluku Utara Triwulan III Tahun 2022.

Penugasan ini bertujuan untuk menilai sejauh mana efektivitas program yang telah berjalan dan hasil yang telah diperoleh. Perwakilan BPKP Provinsi Malut menurunkan tim untuk melakukan reviu atas pelaksanaan program dan hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program padat karya tersebut.

Pada saat melaksanakan reviu tersebut, tim perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara didampingi oleh Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS). Reviu dilakukan pada wilayah Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Pulau Morotai untuk memastikan program padat karya tersebut dilaksanakan sesuai dengan rencana. Fokus reviu adalah menilai ketepatan lokasi, sasaran, jumlah upah, waktu pelaksanaan, dan waktu pembayaran upah. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai menjadi uji petik tim BPKP pada padat karya tahun ini.

Dengan adanya program padat karya tersebut, diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sekitar sehingga dapat meningkatkan perekonomian untuk mengatasi kesenjangan yang ada dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

 

(Kominfo BPKP Malut/Ismail)