BPKP Dorong Peningkatan Kapabilitas APIP pada Inspektorat Kota Bitung

.

BITUNG – Kemampuan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) untuk melaksanakan aktivitas pengawasan yang ditunjang dengan dukungan pengawasan yang baik sangat diperlukan untuk mendorong hasil pengawasan yang berkualitas agar dapat mewujudkan perannya secara aktif.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai pembina APIP, mendorong APIP untuk melakukan penilaian mandiri dalam rangka mempercepat dan meningkatkan level kapabilitasnya. Level kapabilitas APIP sebagai hasil dari PM menunjukkan kemampuan APIP dalam membangun infrastruktur pengawasan intern, mengadaptasi praktik terbaik dan standar audit internal sektor publik, melaksanakan aktivitas pengawasan, dan mendorong pencapaian tujuan organisasi.

Guna mendorong terlaksananya penilaian mandiri oleh APIP, tim Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara melakukan monitoring dalam rangka Pemenuhan Penilaian Kapabilitas APIP pada Inspektorat Kota Bitung.

Sehubungan dengan hal itu, Senin (22/8), Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring melakukan kunjungan dalam rangka mengarahkan tim yang sedang melaksanakan monitoring Pemenuhan Penilaian Kapabilitas APIP pada Inspektorat Kota Bitung.

Pada kesempatan tersebut, Beligan memberikan arahan kepada tim dan berkoordinasi terkait penugasan yang dilakukan oleh tim BPKP. Selain itu, ia menekankan agar Pemkot Bitung dalam hal ini Inspektorat untuk fokus pada kekurangan-kekurangan sehingga penilaian mandiri oleh APIP bisa segera dilaksanakan dan nantinya kapabilitas level 3 yang telah ditargetkan bisa tercapai.

Untuk itu, ia berharap, melalui kegiatan monitoring yang dilakukan dapat menindaklanjuti area permasalahan yang perlu diperbaiki serta menentukan strategi yang akan dilakukan kedepannya dalam meraih kapabilitas level 3 pada Inspektorat Kota Bitung.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)