BPKP Kaltim Koordinasi Penguatan Tata Kelola dengan Bupati Kukar

.

SAMARINDA (16/8/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu bersama Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Ata Sumirta, melakukan kunjungan koordinasi dengan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sukotjo. Koordinasi ini dalam rangka penguatan tata kelola pemerintahan yang baik, pengelolaan manajemen risiko, dan sistem pengendalian intern pemerintah.
 
Beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain dengan penguatan inspektorat daerah agar lebih efektif dalam pelaksanaan audit kinerja dan pengawasan pengelolaan keuangan desa, penguatan dan pendampingan terhadap perusahaan daerah (BUMD), serta penguatan dan evaluasi terhadap BUMDes.
 
Untuk peningkatan SDM pada auditor terutama adanya tenaga baru dari STAN di Inspektorat, dapat dilakukan dengan pendidikan dan latihan (diklat) teknis pembentukan auditor maupun diklat teknis subtantif pola PNBP bekerja sama Perwakilan BPKP Kalimantan Timur dan Pusdiklatwas BPKP.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)