Komitmen Pemkab Manokwari Raih Level 3 Maturitas SPIP

.

MANOKWARI (4/8/2022) - Dalam rangka meningkatkan tata kepemerintahan yang baik dan level maturitas SPIP di Kabupaten Manokwari, Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat mengadakan entry meeting dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Manokwari Hendri Sembiring.

Pada entry meeting tersebut disepakati beberapa hal, yaitu Perwakilan BPKP akan menjadi narasumber dalam kegiatan bimbingan teknis dan asistensi Penilaian Mandiri (PM) dan Penjaminan Kualitas (PK) Maturitas SPIP Pemerintah Kabupaten Manokwari Tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kantor Inspektorat Kabupaten Manokwari.

Pemerintah Kabupaten Manokwari terus berkomitmen untuk mensukseskan PM dan PK tersebut agar dapat meraih target level 3.

Sebanyak 14 OPD akan diundang pada kegiatan tersebut, antara lain Sekretariat Daerah, Bappeda, BPKAD, Dinas PU, Dinas Perhubungan, Inspektorat dan OPD lainnya.

Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat berkomitmen penuh agar pelaksanaan bimtek dan asistensi tersebut dapat berjalan dengan baik sehingga Pemerintah Kabupaten Manokwari dapat melaksanakan PM dan PK Maturitas SPIP Tahun 2022 yang akan dievaluasi oleh Perwakilan BPKP Provinsi Papua Barat.

Dengan adanya pengendalian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dengan berpedoman pada Sistem Pengendalian Intern Pemerintah akan dapat dicapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.

Sistem Pengendalian Intern adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberi keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

(Kominfo BPKP Pabar)