Wakil Gubernur Terima Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng Semester I Tahun 2022

.

PALANGKA RAYA (05/08/2022) - Selain menjadi narasumber dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang APBD Provinsi Kalimantan Tengah Tahun Anggaran 2022, Kepala Perwakilan (Kaper) Bambang Ari Setiono didampingi jajaran Koordinator Pengawasan juga menyerahkan Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng Semester I Tahun 2022 kepada Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo yang didampingi Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin.

Dalam kesempatan itu, Kaper BPKP Kalteng menyampaikan bahwa selama semester I tahun 2022 ini Perwakilan BPKP Kalteng telah melakukan sejumlah pengawasan yang diarahkan pada isu-isu nasional dan daerah dalam rangka mengawal percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

Kegiatan pengawasan tersebut terbagi dalam beberapa aspek yang meliputi pengelolaan keuangan daerah, perlindungan manusia menghadapi pandemi, peningkatan ketahanan nasional, pemerataan pembangunan yang berkeadilan, hingga penguatan good governance, dan pengendalian kecurangan.

Kemudian pengawasan difokuskan pada berbagai program/kegiatan, yakni akuntabilitas keuangan daerah, evaluasi penyerapan anggaran, ketahanan sistem kesehatan, ketahanan sistem perlindungan sosial, ketahanan sistem pendidikan, ketahanan korporasi, pembangunan infrastruktur, penanggulangan bencana, pembangunan daerah dan desa, tata kelola, serta pengendalian kecurangan.

Oleh karena itu, dirinya berharap hasil dari pengawasan Perwakilan BPKP Kalteng ini dapat menjadi rekomendasi strategis bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui jajaran Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota dalam memetakan risiko-risiko untuk melakukan perbaikan pada program yang belum terlaksana ataupun menemui hambatan saat proses pelaksanaannya. Ia juga mengatakan bahwa Perwakilan BPKP Kalteng akan selalu siap mendampingi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mewujudkan tata kelola keuangan dan pembangunan yang berkualitas dan akuntabel.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalteng menyambut baik adanya Ikhtisar Hasil Pengawasan dari BPKP terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah selama Semester I Tahun 2022 ini. Ia juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Perwakilan BPKP Kalteng karena selama ini telah melakukan pengawasan serta mendampingi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam menyelenggarakan kegiatan pembangunan dan tata kelola pemerintahan.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan senantiasa berupaya menindaklanjuti sejumlah rekomendasi dalam Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP ini demi terwujudnya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Bumi Tambun Bungai.

(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)