Forum Grup Disscusion Dukung GCG Perumda Tirta Manuntung Kota Balikapan

.

SAMARINDA (3/8/2022) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara Prakarsa Panastas Tambunan menyambut kedatangan Direksi Perumda Tirta Manuntung Kota Balikapan, di Ruang Rapat Sangalaki Kantor Perwakilan BPKP Kaltim. Sinergi positif dari Perumdam Tirta Manuntung Balikpapan yang secara aktif berkoordinasi dengan BPKP Kaltim terkait dengan tata kelola GCG yang sangat berhubungan erat dengan manajemen risiko yang seharusnya diterapkan di setiap Organisasi Pemerintah Daerah telah berlangsung cukup baik.

Acara dibuka oleh sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu. Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada Direksi Perumda Tirta Manuntung Kota Balikapan Plt. Direktur Utama Purnamawati, Direktur Air Limbah Anang Fadliansyah, dan Plt. Direktur Teknik Mohamad Kohirudin, Auditor Bidang Akuntan Negara BPKP Kaltim, peserta dan narasumber atas kehadiran kerja sama dan sinergi dalam rangka focus group discussion mendukung GCG Perumda Tirta Manuntung Kota Balikapan.
 
Plt. Direktur Utama Purnamawati menyampaikan terkait dengan PBJ, serta hambatan, peluang dan tantangan pendapatan implementasi dari proyek yang telah terlaksana serta risikonya, sehingga diharapkan BPKP Kaltim dapat memberikan rekomendasi implementasi dari realisasi proyek maupun perencanaan yang akan datang. Penerapan GCG mencapai sasaran guna meningkatkan kinerja perusahaan, kepatuhan pada peraturan perundangan yang berlaku dan kesesuaian pada norma etika dan masyarakat. Aspek-aspek tersebut dilaksanakan bersamaan dan secara proporsional sehingga berpengaruh terhadap kebijakan strategis maupun praktik-praktik bisnis, agar dapat mempertahankan kesinambungan usaha dan peningkatan nilai bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.
 
Simpulan dari pertemuan kali ini adalah agar Perumdam Tirta Manuntung dan Dewan Pengawas secara aktif membuat rencana aksi untuk menindaklanjuti proyek dalam pelayanannya mewujudkan visi sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia dengan memerhatikan keselamatan dan kesehatan kerja, serta lingkungan. Ini dibarengi misi, membangun komunikasi yang kuat dengan stakeholder, termasuk pelanggan. Di era kemajuan teknologi ini, seluruh perusahaan wajib menampilkan informasi secara transparan kepada publik. Agar publik bisa turut menilai kinerja perusahaan yang pelayanannya berkaitan langsung dengan mereka. Hal ini yang menjadi salah satu fokus Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Manuntung Balikpapan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
 
(Kominfo BPKP Kaltim)