BPKP Kalbar Dampingi Serah Terima Terminal Kijing Mempawah

.

MEMPAWAH (28/7/2022) – Untuk memastikan pekerjaan sesuai kontrak, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat terjun langsung meninjau pembangunan Terminal Kijing Mempawah. Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat melakukan reviu pelaksanaan atas serah terima dalam rangka pembayaran pekerjaan pembangunan Terminal Kijing agar masyarakat segera merasakan manfaatnya setelah diresmikan guna mendorong roda perekonomian Kalimantan Barat.

Terminal Kijing Mempawah diproyeksikan menjadi penggerak roda perekonomian di Kalimantan Barat khususnya Mempawah. Terminal yang akan menjadi pelabuhan berstandar internasional terbesar di Kalimantan tersebut, keberadaannya akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sehingga akan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Barat.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kalimantan Barat, pembangunan Terminal Kijing Mempawah menjadi sorotan berbagai pihak. Hal tersebut membuat pengerjaannya juga harus disertai dengan tanggung jawab dan akuntabilitas. Guna segera memberikan manfaat bagi masyarakat Kalimantan Barat.

Kini pengerjaan sudah memasuki tahapan inisial, di mana pada tahap ini dilakukan serah terima pekerjaan setelah pekerjaan fisik selesai 100%. Dalam rangka upaya menjamin proses pelaksanaan pembayaran yang memenuhi ketentuan dan governance compliance, PELINDO sebagai pengguna jasa meminta pendampingan BPKP. Pendampingan BPKP dimaksudkan untuk melakukan reviu pelaksanaan atas serah terima dalam rangka pembayaran pekerjaan pembangunan Terminal Kijing.

Menjawab permohonan tersebut, Deputi Bidang Akuntan Negara menugaskan Perwakilan BPKP Kalbar untuk mendampingi PELINDO dalam serah terima pekerjaan dari PT Wijaya Karya. Penugasan reviu tersebut dilakukan oleh Tim Bidang Akuntan Negara Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat.

Di tengah penugasan, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Jonchon Samosir melakukan peninjauan lapangan ke site proyek Pembangunan Terminal Kijing pada Kamis, 28 Juli 2022 di dampingi oleh Pengendali Teknis Bidang Akuntan Negara Raja Surya dan tim serta Perwakilan PT Pelindo Solusi Logistik sebagai owner representative dalam mengawasi day-to-day activity pelaksanaan proyek yang ditunjuk oleh PELINDO dan juga didampingi oleh Pihak PT Wijaya Karya yang dihadiri oleh Manajer PT Wijaya Karya Syamsud.

Seperti diketahui, reviu yang diminta PELINDO tersebut bertujuan untuk memberikan pendapat mengenai kepatuhan/kesesuaian pelaksanaan Surat Perjanjian khususnya dalam hal memperoleh keyakinan memadai bahwa PELINDO bersama PT Atrya Swascipta Rekayasa dan PT Pelindo Solusi Logistik telah memenuhi aspek-aspek yang ditetapkan dalam Surat Perjanjian dalam rangka dilaksanakannya Serah Terima Pertama dan pembayaran pekerjaan 100% kepada WIKA serta memberikan informasi dan bahan masukan/pertimbangan yang memadai kepada PELINDO dalam menilai kelayakan pembayaran.

Plt. Kepala Perwakilan melihat secara langsung kondisi bangunan-bangunan fisik yang telah dibangun dalam proyek tersebut. Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan saran perbaikan terhadap beberapa item-tem pekerjaan.

Menanggapi hal tersebut, Syamsud Manajer PT Wika menerima masukan dan saran perbaikan dari peninjauan BPKP. Dirinya berkomitmen untuk memperbaiki apa yang kurang sesuai dari pembangunan tersebut sebelum dilakukannya serah terima.

Pengerjaan pembangunan Terminal Kijing Mempawah diharapkan dapat sesuai dengan kontrak dan selesai sehingga dapat segera memberikan manfaat untuk penggerak roda perekonomian dalam rangka pemulihan ekonomi di Kalimantan Barat.

(Kominfo BPKP Kalbar/FW)