Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2022 di Kab. Bekasi

.

CIKARANG (13/7/2022) - Di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi telah melaksanakan kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa Tahun 2022 dengan tema "Pengelolaan Dana Desa yang Cepat, Tepat dan Terpadu Sebagai Upaya Penanganan Dampak Ekonomi COVID-19". 
 
Maksud dari kegiatan ini adalah dalam rangka terwujudnya akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa semakin transparan dan akuntabel.
 
Pemerintah desa adalah lini terdepan pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat, dan yang paling mengerti akan kebutuhan daerahnya, sehingga diharapkan dapat aktif melakukan inovasi-inovasi dan perbaikan konstruktif dalam pembangunan di wilayah desanya masing-masing.
 
Workshop dihadiri oleh Pj. Bupati Bekasi Dani Ramdan, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Sekda Kabupaten Bekasi, Inspektur Kabupaten Bekasi, Plh. Kepala BPPD Kabupaten Bekasi, Plt. Kepala DPKAD Kabupaten Bekasi, Kadis Kominfo Kabupaten Bekasi, Para Camat dan Kepala Desa di Kabupaten Bekasi.
 
Dalam sambutannya Pj. Bupati Bekasi menyampaikan bahwa merupakan cita cita bersama untuk menjadikan Kabupaten Bekasi “MAKIN BERANI” yang berfokus pada empat hal, yaitu Infrastruktur, Kualitas SDM, Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Birokrasi, yang membutuhkan dukungan dari seluruh pihak termasuk Perangkat Desa. 
 
Untuk itu Pj. Bupati berpesan bahwa Kepala Desa agar selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan perangkat desa sehingga tercipta hubungan kerja yang harmonis dalam mewujudkan keberhasilan pembangunan di desa, serta para camat senantiasa selalu mengawal program pembangunan di desa, sehingga lebih terarah dalam pelaksanaan dan pelaporannya.
 
Nara sumber kegiatan ini adalah Anggota Komisi XI DPR-RI Vera Febyanthy, Direktur Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah Deputi PPKD BPKP Arman Sahri Harahap, Analis Kebijakan Ahli Muda Ditjen Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri Shandra, Kepala KPPN Bekasi Hajoe Saptaria dengan moderator Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi Ida Farida.
 
Adapun materi yang disampaikan dalam pelaksanaan workshop antara lain Peran DPR RI terhadap Pembangunan Desa Khususnya dalam Masa Pemulihan Perekonomian Desa, Pengelolaan Keuangan Desa dalam Masa Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Desa, Mekanisme Penyaluran dan pertanggungjawaban Dana Desa, Kolaborasi Pengawasan Pengelolaan Keuangan, Pembangunan dan Aset Desa dalam Mengatasi Tingkat Kemiskinan, serta Meningkatkan Kemandirian Desa.
 
(Kominfo BPKP Jabar)